Mengenal Prinsip Kerja Light Emitting Dioe ( LED )

Lampu LED banyak sekali digunakan dalam peralatan elektronik di sekitar kita, baik itu sebagai lampu indikasi ( contoh pada ricecooker, Televisi, dll), banyak juga digunakan sebagai lampu hias, contohnya dekorasi plafon, lampu banner toko, dsb. Nah kali ini akan dibahas, bagaimana sih cara kerja dari LED?

Gambar 1. LED

LED ( Light Emitting Diode ) adalah komponen semikonduktor yang memancarkan cahaya ketika dialiri arus listrik.Lampu led memiliki efisiensi yang lebih tinggi dibandingkan lampu bohlam biasa, selain itu LED juga dapat menghasilkan cahaya yang cukup terang dengan daya listrik yang lebih hemat daripada lampu bohlam pada umumnya.

LED dibuat dengan Elektroluminesens (electroluminescence) didalam komponen semikonduktor. Elektroluminesens adalah fenomena material yang memancarkan cahaya ketika arus istrik melewatinya, hal ini terjadi ketika elektrom melalui material dan mengisi kekosongan elektron ( electron holes ). Electron holes ada dimana atom kekurangan elektron ( bermuatan negatif ) sehingga atom tersebut bermuatan positif. Bahan semikonduktor seperti germanium atau silikon bisa dapat didoping untuk membuat dan mengontrol electron holes. 



Sumber : https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/d7/PnJunction-LED-E.svg

Gambar 2. Prinsip kerja LED

Dopping adalah penambahan unsur-unsur lain ke bahan semikonduktor untuk mengubah sifat-sifatnya. Dengan mendoping semikonduktor, dapat dibuat dua jenis semikonduktor terpisah dalam kristal yang sama. Batas antara kedua jenis semikonduktor ini disebut P-N Junction.Junction ini hanya memungkinkan arus melewatinya searah. LED dibuat menggunkaan P-N Junction, Ketika elektron melewati satu kristal ke kristal lainnya, hal ini merupakan proses mengisi electron holes, dan pada saat itu LED memancarkan cahaya.


Mengenal Prinsip Kerja Light Emitting Dioe ( LED ) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

No comments:

Berlangganan Via Email