Prinsip Kerja Boiler (Ketel Uap) pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)

Boiler merupakan salah satu komponen utama dalam PLTU. Boiler adalah suatu perangkat mesin yang berfungsi untuk merubah air menjadi uap kering (superheat steam) dengan temperatur dan tekanan tinggi. Air yang mengalir  didalam pipa-pipa boiler menerima panas dari gas panas pembakaran bahan bakar yang mengalir diluar pipa-pipa boiler.



Prinsip Kerja Boiler

Bahan bakar batubara dari coal bunker dialirkan oleh coal feeder menuju Mill. Didalam  Mill batubara tersebut digiling sampai halus menjadi serbuk batubara. Udara panas  (primary air) dialirkan oleh primary air fan (PAF) kedalam Mill untuk memanasi dan  membawa serbuk batubara menuju burner. Burner digunakan untuk menyemburkan  serbuk batubara ke dalam ruang bakar boiler untuk dibakar. Udara untuk menghasilkan  pembakaran yang sempurna dipenuhi oleh udara sekunder yang diambil dari udara luar  oleh force draft fan (FDF) dengan dipanasi terlebih dahulu didalam air heater  menggunakan gas buang dari boiler. Dari air heater udara sekunder sebagian masuk ke  dalam wind box dan sebagian menuju PAF. Udara sekunder dalam wind box kemudian  mengalir masuk keruang bakar melalui air register yang berfungsi untuk membuat aliran turbulen.

Panas api didalam ruang bakar boiler diserap oleh secara radiasi oleh pipa-pipa  evaporator yang tersusun membentuk dinding ruang bakar. Pipa-pipa evaporator tersebut dialiri air sehingga panas dari pipa diserap oleh air yang mengalir didalamnya, sehingga air berubah wujud menjadi uap jenuh dan ditampung didalam drum boiler.

Didalam drum boiler uap dipisahkan dengan air. Air tersebut dialirkan menuju header bawah evaporator bersama dengan air yang berasal dari ekonomiser dengan melalui pipa down commer yang berpenampang besar yang terpasang diluar boiler. Uap jenuh dari drum boiler selanjutnya dialirkan didalam pipa-pipa superheater untuk dinaikkan temperaturnya menjadi uap panas lanjut dengan menggunakan panas dari gas buang boiler yang mengalir diluar pipa-pipa superheater. Uap kering dengan temperatur dan tekanan tinggi siap digunakan untuk memutar turbin.

Dari superheater gas buang menuju ekonomiser mengalir diluar pipa-pipa ekonomiser yang didalamnya terdapat air yang dialirkan oleh boiler feed pump (BFP) sehingga temperaturnya naik mendekati temperatur air yang ada di drum boiler. Dari ekonomi ser gas buang mengalir menuju air heater (AH) untuk memanasi udara primer dan udara sekunder. Dari AH gas buang mengalir menuju electro static precipitator (ESP) untuk ditangkap abunya. Dari ESP gas buang yang sudah bersih dihisap oleh induce draft fan (IDF) untuk didorong keluar atmosfir melalui cerobong.

Bagian-bagian dan peralatan yang ada di boiler diantaranya adalah :

-  Ekonomiser
-  Drum
-  Evaporator
-  Superheater
-  Reheater
-  Air Heater
-  Force Draft Fan (FDF)
-  Primary Air Fan (PAF)
-  Induce Draft Fan (IDF)
-  Cerobong
-  Coal Bunker
-  Coal Feeder
-  Mill
-  Burner
-  Soot Blower

Sumber:
Yendir, Efri, dan Igatius Sumedia. 2013. Pengoperasian Turbine Uap Generator : PLN Corporate University
Prinsip Kerja Boiler (Ketel Uap) pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email