Mengenal Pressure Relief Valve

Pressure Relief Valve adalah alat pengaman yang dirancang untuk melindungi bejana bertekanan atau sistem selama papabila terjadi tekanan berlebih. Kejadian tekanan berlebih mengacu pada kondisi apa pun yang akan menyebabkan tekanan dalam bejana atau sistem meningkat melampaui tekanan desain yang ditentukan atau tekanan kerja maksimum yang diijinkan (MAWP).

Banyak sistem elektronik, pneumatik dan hidrolik yang ada saat ini untuk mengontrol variabel sistem fluida, seperti tekanan, suhu dan aliran. Masing-masing sistem ini membutuhkan sumber daya , seperti listrik atau udara terkompresi agar dapat beroperasi. Pressure Relief Valve harus mampu beroperasi setiap saat, terutama selama periode kegagalan daya ketika kontrol sistem tidak berfungsi. Satu-satunya sumber daya untuk Pressure Relief Valve adalah cairan proses.


Gambar 1. Contoh Pressure Relief Valve

Begitu suatu kondisi terjadi yang menyebabkan tekanan dalam suatu sistem atau bejana meningkat ke tingkat yang berbahaya, Pressure Relief Valve mungkin merupakan satu-satunya perangkat yang tersisa untuk mencegah terjadinya kegagalan / bencana yang bisa diakibatkan dari tekanan berlebih. Karena keandalan berhubungan langsung dengan kompleksitas perangkat, penting bahwa desain katup pelepas tekanan sesederhana mungkin.

Pressure Relief Valve harus terbuka pada tekanan yang ditentukan sebelumnya, mengalirkan kapasitas terukur pada tekanan berlebih yang ditentukan, dan menutup ketika tekanan sistem telah kembali ke tingkat yang aman. Katup pelepas tekanan harus dirancang dengan bahan yang kompatibel dengan banyak cairan proses dari udara dan air sederhana hingga media yang paling korosif. Valve tersebut juga harus dirancang untuk beroperasi secara konsisten halus dan stabil pada berbagai fluida dan fase fluida.



Sumber :
1997. Pressure relief Valve Engineering Handbook: Crosby Valve Inc.
Mengenal Pressure Relief Valve Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email