Komponen Utama Pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)

PLTU merupakan mesin pembangkit thermal yang terdiri dari komponen utama dan komponen bantu serta sistem-sistem lainnya.

Komponen utama PLTU terdiri dari :

1. Boiler
2. Turbine
3. Condenser
4. Generator
5. Pompa BFP

Komponen Bantu dari PLTU :
1. Sistem Pengolahan Air
2. Sistem Penanganan Bahan Bakar
3. Sistem Penanganan Abu
4. Sistem Air Pendingin
5. Sistem Klorinasi
6. Sistem Pengolahan Gas Hidrogen
7. Sistem Udara Tekan
8. Sistem Injeksi Kimia
9. Sistem Fire Fighting
10. Sistem Udara Pembakaran



Berikut Penjelasan singkat dari Komponen Utama tersebut :

1. Boiler
Boiler merupakan suatu perangkat mesin yang berfungsi untuk merubah air menjadi uap kering (superheat steam) dengan temperatur dan tekanan tinggi. Air yang mengalir  didalam pipa-pipa boiler menerima panas dari gas panas pembakaran bahan bakar yang mengalir diluar pipa-pipa boiler. Uap dari Boiler ini nantinya akan digunakan untuk menggerakan Turbine.

2. Turbine
Turbin uap berfungsi untuk merubah energi panas yang terkandung dalam uap menjadi energi mekanik berupa putaran poros turbin. Turbine ini akan menggerakan generator.

3. Condenser
Kondensor adalah peralatan yang berfungsi untuk mengubah uap keluar turbin menjadi air kondensat sehingga bisa digunakan lagi sebagai air pengisi boiler. Uap yang  mengalir diluar pipa-pipa kondensor menyerahkan panas kepada air pendingin yang  mengalir didalam pipa-pipa kondensor, sehingga uap berubah wujud menjadi air kemudian ditampung didalam hotwell.

4. Generator
Generator berfungsi mengubah energi mekanik berupa putaran menjadi energi listrik dengan menerapkan prinsip induksi magnet.

5. Pompa BFP
Boiler Feed Water Pump (BFP) adalah pompa tekanan tinggi yang digunakan untuk memindahkan air dari Feed Water Tank (FWT) Deaerator ke Drum Boiler.

Sumber:
Yendir, Efri, dan Igatius Sumedia. 2013. Pengoperasian Turbine Uap Generator : PLN Corporate University
Komponen Utama Pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email