Pengertian Condenser dan Bagian-Bagiannya

Condenser merupakan salah satu bagian terpenting pada mesin turbine, pembangkit listrik. Kondensor adalah alat yang berfungsi untuk mengkondensasi uap dari turbine sehingga menjadi air untuk digunakan pada siklus berikutnya. Kondensor terdiri dari sebuah tabung kecil yang melintang.


 Dalam tabung ini air pendingin dari laut dialirkan. Sementara uap mengalir dari atas ke bawah mengalami kondensasi. Sampai ke dasar, air akan ditampung dalam bak yang disebut Hotwell.  Agar uap turun dari blade terakhir Turbin, vakum kondensor harus dipertahankan.


Bagian-bagian Condenser :


Ejector: 
Fungsinya untuk membuat ruang kondensasi di dalam kondensor menjadi vaccum (vakum) sehingga uap yang digunakan dari turbin mengalir ke ruang kondensor dengan cepat.

Condensate Pump:
 Pompa ini untuk memompa air kondensat dari reservoir (Hotwell) ke tangki air pengisi.

Cooling Water Pump: 
Pompa ini untuk memompa air ke kondensor dan lat pendingin lain yang dipompa dari sungai, laut, atau reservoir untuk unit yang menggunakan pendingin tertutup (close cooling).

Tube: 
Digunakan untuk menempatkan aliran air lut sebagai air pendingin dan merupakan tempat di mana terjadi proses perpindahan panas antara uap dan air pendingin (air laut).

Water Box: 
Sebagai umpan untuk mendinginkan uap.

Hotwell:
Tempat untuk menampung air dari kondensasi.
Pengertian Condenser dan Bagian-Bagiannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email