Pengertian Thermowell dan Fungsinya pada Sistem Proses

Thermowells adalah salah satu aksesoris terpenting yang digunakan dalam pengukuran suhu1. Sensor suhu ditempatkan di aliran arus untuk mengukur suhu yang dapat dipengaruhi oleh tekanan, aliran dan getaran. Untuk mengurangi efek sensor suhu dimasukkan ke dalam thermowell dan thermowell dipasang ke saluran proses.



Thermowells sangat penting untuk pemasangan dimana elemen suhu (RTD, termokopel, termometer, dll.) yang mana pada suatu saat harus diganti tanpa mengganggu aliran prosesnya. Hal ini dapat dianggap sebagai konduktif termal ke dalam bejana atau pipa proses yang memungkinkan instrumen yang peka terhadap suhu untuk mendeteksi proses tanpa membuka lubang di vessel atau pipa. Sensor suhu bisa dipasang dan dilepaskan kapan saja tanpa harus mematikan aliran.

Thermowells dapat dibuat dari bahan yang bersifat termal konduktif, kuat terhadap tekanan tinggi, dan tidak terpengaruh secara kimiawi dengan proses. Kebanyakan thermowells terbentuk dari logam (stainless steel atau paduan lain) atau bahan keramik.

Biasanya ada tiga jenis termokopel dengan koneksi yang berbeda

1.Threaded
2.Socket welded

3. Flanges

1. Jenis Threaded:

Jenis threaded thermowell koneksinya dibuat oleh thread connection. threaded well digunakan pada sistem yang jarang dilakukan penggantian. well dihubungkan ke pipa yang lebih kecil dengan cairan non-korosif, bisa digunakan untuk waktu yang lama.


2. Jenis Socket Welded

Well dilas langsung ke pipa, yang memberikan koneksi berkualitas tinggi. Karena dilas, well ini tidak bisa dilepas dengan mudah. Digunakan pada tekanan yang sangat tinggi dan aplikasi suhu tinggi. 


3. Jenis Flange Thermowell

Flange thermowells digunakan dimana sering dilakukan pelepasan thermowell. Digunakan untuk pipa besar dengan korosi tinggi, aplikasi bertekanan tinggi.


Pengertian Thermowell dan Fungsinya pada Sistem Proses Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email