Thrust Position / Axial Position Pada Turbine

Thrust Position adalah posisi aksial terukur dari rotor mesin relatif terhadap thrust bearing. Thrust bearing adalah titik pembatas axial di dalam casing mesin. Idealnya, thrust bearing harus berada tetap pada mesin case, jika tidak, maka pengukuran aplikasi tambahan yang disebut posisi rotor (rotor position) harus dilakukan.

Dalam operasi normal, rotor dapat bergeser secara aksial di dalam batas clearance thrust bearing. Gerakan ini dikenal sebagai aksial float atau end float. Range dari float ("float zone") diatur secara mekanis dan merupakan fungsi langsung dari ukuran dan desain mesin. Float zone ditentukan dengan mengukur jarak yang kencang antara elemen stasioner dan elemen rotasi mesin yang dipantau dan kemudian menyesuaikan posisi thrust bearing (shimming) ke beberapa persentase jarak yang ditentukan oleh OEM atau pelanggan, dan kemudian mengunci bearing ke posisinya. 


Shimmed Float harus kurang dari jarak kencang antara elemen yang berputar dan stasioner dengan mempertimbangkan faktor thermal. Thrust bearing mengambil beban aksial yang diterapkan pada turbin dan pada operasi normal mencegah gesekan stationer dan elemen yang berputar.

Kegagalan thrust bearing ini dapat dengan cepat menyebabkan kegagalan dan kerusakan mesin. Karena potensi kegagalan thrust bearing bisa terjadi dalam waktu yang cepat,thrust monitor  selalu diaktifkan untuk mematikan mesin ketika terjadi kegagalan. Dual Thrust monitor , 2 dari 2 voting (2oo2), dikembangkan oleh Bently Nevada pada awal tahun 1970 untuk meningkatkan keandalan pengukuran shutdown ini.

Dua Proximity Transducer harus dipasang di bidang aksial pada masing-masing thrust bearing untuk mendeteksi degradasi dorong dan / atau kegagalan. Thrust monitor dipasang di konfigurasi voting ganda, 2 dari 2 (2oo2), memiliki keandalan yang terbukti dalam perlindungan mesin.


Posisi tegak harus diukur dengan dua atau lebih probe kedekatan, yang mengamati kerah dorong atau permukaan poros aksial integral lainnya terhadap bantalan dorong atau pendukung integral yang tidak bergerak. Pengaturan pemasangan yang lebih disukai untuk transduser posisi dorong terpasang langsung ke atau melalui bantalan dorong, namun dalam banyak kasus, desain mesin tidak mengizinkan hal ini. Pemasangan transduser posisi tegak juga dapat direkayasa untuk mengamati ujung poros (dalam jarak 300mm atau 12 inci dari bantalan dorong), atau kerah integral lainnya pada poros (dalam jarak 300 mm atau 12 inci dari dorong bantalan) tetapi hanya jika dorong bantalan merupakan komponen integral dalam casing mesin (tidak bergerak).


Jika lokasi thrust position transducer mengharuskan mengamati shrunk-on atau bolt-on collar, hanya satu dari dua atau tiga voting transducer yang harus memperhatikan collar tersebut. Transduser lainnya harus mengamati bagian integral dari poros. Jika tidak, jika colar lepas, porosnya bisa bergerak dan memberikan indikasi adanya perubahan posisi aksial. Desain transduser khusus seperti "probe Button" dan "Righ Angle Probe" dapat digunakan saat geometri mesin melarang penggunaan transduser standar. Untuk sebagian besar aplikasi,  pemasangan custom bracket transduser akan diminta untuk menyesuaikan transduser dengan lokasi pemasangan yang tepat dan permukaan yang diamati. Sebagai contoh ditunjukkan pada Gambar di bawah ini.


Thrust collar harus cukup besar untuk memastikan jarak pandang sisi yang memadai dan memberikan ukuran target minimum yang diperlukan untuk probe yang terpasang. Rentang linier transduser yang digunakan harus sesuai untuk perubahan posisi aksial rotor yang diharapkan relatif terhadap thrust bearing di bawah pemuatan dan keausan dorong normal dan abnormal.

Kesalahan umum pada generator turbin uap adalah membuat posisi dorong yang dipantau terlalu kecil dan dipasang di sekitar axial float. Sistem harus dirancang untuk melihat rentang total perubahanpotential rotor axial position yang mengacu pada thrust bearing.




Thrust Position / Axial Position Pada Turbine Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email