Pengertian Sinyal Keyphasor pada Sistem Pengukuran Vibrasi

Sinyal Keyphasor adalah pulsa tegangan sekali per putaran (once-per-turn voltage pulse) yang diberikan oleh transduser, biasanya merupakan probe jarak yang digunakan untuk mengukur kecepatan putaran mesin dan sudut lag fase getaran.


 Sinyal Keyphasor sangat penting dalam menghasilkan sebagian besar informasi mengenai kondisi mesin, termasuk kecepatan putar poros. Karena hilangnya informasi Keyphasor sangat mempengaruhi pemantauan dan diagnostik mesin, pemasangan redudancy probe Keyphasor  sangat  direkomendasikan. Hal ini terutama penting untuk mesin dengan transduser internal. Transduser cadangan harus dipasang, dengan kabel ekstensi diarahkan ke perataan antarmuka transduser, di luar mesin.


Sinyal Keyphasor digunakan untuk sistem pemantauan, diagnostik, dan manajemen untuk menghasilkan amplitudo getaran terfilter, sudut fase lag, kecepatan, dan berbagai informasi lainnya, termasuk informasi vektor untuk menyeimbangkan rotor. Ini juga merupakan elemen penting dalam mengukur rotor slow roll bow atau informasi runout. Informasi dari keyphasor dapat membantu operator atau spesialis mesin mengidentifikasi masalah mesin yang sedang berkembang atau membedakan masalah serius dengan masalah yang kurang serius.

Transduser Keyphasor harus mengamati poros driver. Pada mesin train dengan poros berputar pada kecepatan yang berbeda, Keyphasor harus mengamati setiap kecepatan poros. Target takik atau tonjolan harus dirancang untuk menghasilkan sinyal yang benar di semua keadaan mesin dan perawatan harus dilakukan untuk menempatkan transduser Keyphasor di lokasi yang benar.Takik (nothc) atau proyeksi harus terpisahkan dari driver rotor, bukan kopling atau komponen yang digabungkan.

Karena takik (notches) adalah stress concentrator, mereka seharusnya tidak berada di daerah torsi tinggi, seperti di hub kopling atau flange. Takik atau proyeksi harus dirancang ke dalam mesin. Desain harus mencakup radius internal yang tepat, dengan lebar, kedalaman atau tinggi dan panjang berdasarkan jenis transduser, kecepatan putar dan ukuran rotor. Mereka harus berbaris dengan lubang keseimbangan # 1, 0 ° pada cincin keseimbangan, atau beberapa fitur lain yang jelas dari poros.

Gambar motor thermal growth effect




Transduser Keyphasor aksial biasanya tidak direkomendasikan. Lokasi transduser keyphasor, orientasi pemasangan sudut, dan lokasi takik harus didokumentasikan dengan benar. Dokumentasi yang akurat sangat penting untuk penggunaan dan konfigurasi instrumen diagnostik dan perangkat lunak yang tepat.

Dari dua metode untuk mendapatkan pulsa Keyphasor, takik (notch) lebih direkomendasikan daripada projection karena takik lebih mudah dipasang dan tidak membahayakan probe. Bila penanda adalah takik, celah probe diatur saat mengamati smooth shaft surface, bukan takiknya. Bila penanda adalah proyeksi, celah probe diatur saat mengamati bagian atas proyeksi.





Pengertian Sinyal Keyphasor pada Sistem Pengukuran Vibrasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email