Pengertian dan Fungsi TSI Pada Steam Turbine | Pembangkit Listrik

Turbine Supervisory Instrument (TSI) adalah perangkat yang berfungsi untuk pemantauan mesin, perlindungan, diagnostik mesin dan diagnosa peralatan instrumen. Mari kita  bahas fungsi dari TSI pada Steam tubine tersebut.


Pemantauan (Monitoring)
Monitoring TSI menyediakan pengukuran parameter on-line yang terus-menerus yang memberikan indikasi kondisi atau kesehatan mesin pada saat beroperasi. Keadaan mesin tersedia untuk operator dan alarm. Jika mesin hanya dipantau, operator intervensi diharuskan mematikan mesin jika tingkat pemantauan mengindikasikan kondisi operasi yang memerlukan shutdown.

Proteksi (Protection)

Operator selalu memantau parameter pada TSI ini, namun pengguna TSI dapat memilih untuk melindungi mesin dengan menggunakan shutdown otomatis pada peralatan bila tingkat kritis terlampaui. Ini memberikan perlindungan bila intervensi operator tidak terjadi cukup cepat untuk mencegah kerusakan. Keputusan untuk mengikat output sistem TSI ke dalam sistem kontrol / shutdown mesin tanpa intervensi operator bergantung pada metodologi operasi pengguna.


Diagnostics
Data operasi harus dilacak dan diarsipkan sehingga ketika sistem pemantauan / perlindungan menunjukkan adanya alarm, pengguna akhir dapat menentukan tindakan korektif yang tepat. Dengan data ini, metode diagnosa dapat diterapkan.

Bila terjadi shutdown yang tidak terduga, apakah dimulai secara otomatis atau operator, data diagnostik sangat penting dalam menentukan akar penyebab dan tindakan korektif. Data kuantitatif pada kondisi mesin sesaat sebelum dan selama shutdown dapat membantu para ahli mesin dan operator dalam menentukan penyebab shutdown dan memudahkan restart mesin. Pengumpulan data operasional dilakukan melalui interfacing sistem monitoring / proteksi dengan perangkat lunak dan sistem komputer yang tepat seperti GE Bently System.


Instrument Diagnostics

Setiap paket instrumentasi TSI memiliki self test yang dilakukan terus menerus. Kegagalan self-test akan ditampilkan kepada pengguna akhir dalam beberapa cara seperti lampu LED OK hijau padam, rak instrumen OK relay (biasanya berenergi) mengubah keadaan, (pada layar operator, jika dipasok) dan di monitor event list. Hal ini sangat penting agar pengguna akhir mengetahui dan memanfaatkan self test indikator ini sehingga masalah instrumentasi dapat ditangani sebelum ada kejadian false atau kehilangan alarm event.


Pengertian dan Fungsi TSI Pada Steam Turbine | Pembangkit Listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email