Pengertian dan Fungsi AC Adjustable Speed Drives (ASD’s)

AC Adjustable Speed Drives (ASD) merupakan perangkat kontrol kecepatan (Variable speed control) yang sangat populer digunakan dalam aplikasi industri, komersial dan beberapa perumahan. Perangkat ini dapat diterapkan pada beragam aplikasi mulai dari pompa motor, kipas dan kompresor tunggal, hingga mesin multi-drive yang sangat canggih.


Perangkat ini beroperasi dengan memvariasikan frekuensi tegangan AC yang dipasok ke motor menggunakan perangkat elektronik solid state.  ASDsmemungkinkan kontrol kecepatan yang tepat dari motor induksi standar dan dapat menghasilkan penghematan energi yang signifikan dan pengendalian proses yang lebih baik pada banyak aplikasi. Bisa mengendalikan kecepatan motor sangkar standar motor induksi NEMA tipe B . Cocok tidak hanya untuk aplikasi baru, tapi juga untuk retrofit pada motor yang ada.


Gambar contoh AC Adjustable Speed Drive


Fungsi AC Adjustable Speed Drives (ASD)

AC Adjustable Speed Drives dapat dianggap sebagai perangkat kontrol listrik yang mengubah kecepatan operasi motor. ASDs mampu memvariasikan kecepatan operasi motor dengan mengubah masukan frekuensi listrik ke motor.



Kecepatan motor induksi AC dioperasikan dengan persamaan sebagai berikut:

Kecepatan Sinkron = 120 f / P
dimana:
f = Frekuensi listrik catu daya di Hz.
P = Jumlahkutub pada  stator.

Kecepatan motor bisa diubah dengan mengubah frekuensi listrik, kutub, atau keduanya. Dengan frekuensi yang bervariasi, kita bisa mengatur kecepatan dalam rentang yang luas atau memvariasikan kecepatannya dengan tepat menggunakan perubahan secara tepat pada input frekuensi listrik ke motor.

Daya dan Torsi
ASDs sebenarnya mengendalikan frekuensi dan voltase secara bersamaan untuk mempertahankan rasio volt / hertz konstan yang menjaga arus tetap sama dengan kondisi kecepatan penuh.  Hal ini memungkinkan motor untuk mendapatkan arus penuh pada kecepatan apapun dan menghasilkan torsi penuh saat perubahan kecepatan motor.

Apa yang terjadi dengan Horsepower saat kita menurunkan kecepatan dan torsi yang menggunakan frekuensi?


Perhatikan bahwa mengurangi Horsepower = Mengurangi Penggunaan Energi = Save Energy.


Beberapa motor yang dirancang khusus dimaksudkan untuk digunakan dengan ASD dirancang untuk beroperasi pada kecepatan yang lebih tinggi dari kecepatan normal di atas 50 hertz.

Keuntungan & Kerugian Menggunakan ASD
Adjustable Speed Drives memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan jenis kontrol kecepatan variabel lainnya yaitu:

Keuntungan :

> Hemat energi
> Peningkatan Keandalan Kontrol Proses
> Mengurangi Tegangan start
> Sedikit perawatan/maintenance
> Mampu mengontrol lebih dari 1 motor.


Kekurangan:
> Biaya Awal tinggi
> Pemanasan motor pada kecepatan rendah
> Output harmonisa
> Mempengaruhi harmonisa power line.

Baca juga artikel  Type dari AC Adjustable Speed Drive.

Pengertian dan Fungsi AC Adjustable Speed Drives (ASD’s) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email