Pengertian dan bunyi Hukum Termodinamika I & II

Pengertian Thermodinamika
Termodinamika adalah ilmu yang menggambarkan dan mendefinisikan transformasi/perubahan dari suatu bentuk energi ke bentuk energi lainnya khususnya antara energi termal dan energi mekanik. Cakupan pembahasan termodinamika meliputi variabel-variabel suhu, volume dan tekanan. 

Energi sendiri adalah suatu besaran kapasitas atau kemampuan untuk melakukan kerja/usaha. Bentuk-bentuk energi diantaranya adalah energi potensial, kinetik, thermal, kimia, nuklir dll. Proses perpindahan energi melalui dua cara yaitu berupa panas maupun kerja. 

Panas (Q) adalah bentuk perpindahan energi dari suatu benda / sistem kepada benda atau sistem lainnya melaui kontak termal ketika keduanya memiliki perbedaan temperatur. 

Kerja adalah bentuk perpindahan energi dari suatu benda atau sistem kepada benda atau sistem lainnya besarnya diukur dari perubahan pada batasan mekanis yang umum seperti tekanan, volume,. 

Gambar Aliran dan konversi energi

Titik tolak pembahasan termodinamika adalah hukum-hukum termodinamika yang menyatakan bahwa energi dapat dipertukarkan diantara beberapa system fisik sebagai panas maupun usaha/kerja.


Bunyi Hukum Termodinamika 1
Dalam proses apapun dimana sistemnya tertutup, besarnya energi adalah tetap.

Hukum pertama ini merupakan pernyataan tentang prinsip konservasi energi, yang menegaskan bahwa energi dapat diubah dari satu jenis ke jenis yang lain tetapi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan. Dinyatakan juga dalam suatu formulasi bahwa perubahan energi dalam dari suatu sistem termodinamika sebanding dengan jumlah panas yang di tambahkan ke dalam sistem dikurangi dengan kerja yang dilakukan oleh sistem terhadap lingkungannya.

Kerja dan panas yang merupakan hasil dari suatu proses, merupakan penambah dan pengurang energi, sementara energi dalam adalah suatu bentuk tersendiri dari energi yang berhubungan dengan sistem. Energi dalam merupakan sifat suatu sistem dimana sudah tidak ada lagi kerja maupun aliran panas. Perubahan energi dalam suatu sistem dapat dicapai dengan kombinasi kerja dan panas.


Bunyi Hukum Termodinamika 2

Kalor tidak dapat berpindah secara spontan dari tempat yang lebih dingin ke tempat yang lebih panas.

Hukum kedua ini merupakan sebuah hasil pengamatan atas fakta bahwa dengan berjalannya waktu, adanya perbedaan suhu, tekanan dan potensial kimia cenderung untuk menyeimbangkan suatu sistem yang terisolir dari lingkungan luar. Entropi merupakan parameter ukur keberlangsungan proses penyeimbangan. Entropi suatu sistem yang terisolir yang belum mencapai tingkat kesetimbangan akan cenderung meningkat hingga mencapai tingkat maksimal keseimbangan.


Proses Termodinamika

Proses termodinamika adalah perubahan bentuk energi suatu sistem termodinamika dari kondisi awal hingga mencapai kondisi akhir. Setiap proses termodinamika diklasifikasikan berdasarkan parameter yang mana yang dijaga konstan. Proses yang dikenal dalam pembahasan termodinamika meliputi:

> Isobarik, proses yang terjadi pada tekanan konstan
> Isokhorik, proses yang terjadi pada volume konstan
> Isothermis, proses yang terjadi pada temperatur konstan
> Adiabatis, proses dalam suatu system tanpa perubahan energi dalam bentuk panas
> Isentropis, proses yang terjadi pada entropi konstan, merupakan bentuk revesible adiabatic
> Isenthalpic, proses yang terjadi pada enthalpi konstan
Pengertian dan bunyi Hukum Termodinamika I & II Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email