Fungsi Dari Komponen Utama Pendingin Ruangan AC

Taukah bagaimana cara kerja komponen-komponen AC / pendingin ruangan di rumah anda? Kenapa AC bisa mendinginkan ruangan ? mari kita simak penjelasan tentang AC Split berikut.

Prinsip Kerja Pendinginan AC


Dibalik proses kerja AC yang mendinginkan ruangan kita, terdapat refrigerant. yang prosesnya akan dijelaskan berikut  :

Untuk sistem pengkondisian udara yang beroperasi dengan ekonomi, zat pendingin harus digunakan berulang kali. Untuk alasan ini, semua AC menggunakan siklus kompresi, kondensasi, ekspansi, dan penguapan yang sama dalam rangkaian tertutup. Refrigeran yang sama digunakan untuk memindahkan panas dari satu area, untuk mendinginkan daerah ini, dan untuk mengeluarkan panas ini di area lain.



> Refrigeran masuk ke kompresor sebagai gas tekanan rendah, dikompres dan kemudian keluar dari kompresor sebagai gas bertekanan tinggi.

> Gas kemudian mengalir ke kondensor. Disini gas mengembun menjadi cairan, dan mengeluarkan panasnya ke udara luar.

> Cairan kemudian bergerak ke katup ekspansi di bawah tekanan tinggi. Katup ini membatasi aliran cairan, dan menurunkan tekanannya saat meninggalkan katup ekspansi.

> Cairan bertekanan rendah kemudian bergerak ke evaporator, dimana panas dari udara bagian dalam diserap dan mengubahnya dari cairan ke gas.
Sebagai gas tekanan rendah yang panas, refrigeran bergerak ke kompresor dimana seluruh siklus diulang.

> Perhatikan bahwa siklus empat bagian dibagi di bagian tengah ke sisi yang tinggi dan sisi yang rendah Ini mengacu pada tekanan refrigeran di setiap sisi sistem.



Bagian Utama AC dan Fungsinya 

1. Kompresor

Kompresor berfungsi mengkompresi zat pendingin dari tekanan rendah (suhu rendah) hingga tekanan tinggi (suhu tinggi). Konversi ini menaikkan titik didih ke tingkat suhu yang lebih tinggi. Kompresor AC mengubah fluida kerja/refrigent berupa gas dari yang bertekanan rendah menjadi gas yang bertekanan tinggi. Gas bertekanan tinggi kemudian diteruskan menuju kondensor.


2. Kondensor (Condenser)

Fungsi kondensor ini menerima gas pada tekanan tinggi dan suhu tinggi dari kompresor. Pada kondensor berpendingin udara, permukaan logam mendinginkan gas yang mengubah status dan berubah menjadi cair. Dalam kasus kondensor berpendingin air, sirkulasi airlah yang menghasilkan efek pendinginan yang sama 

3. Evaporator

Ketika zat pendingin menguap dalam evaporator, ia menyerap panas dari udara sekitarnya dan menghasilkan udara yang didinginkan. Jadi Evaporator itu letaknya ada di dalam ruangan, evaporator inilah yang menjadi sumber udara dingin dengan bantuan FAN yang mensirkulasikan udara dalam ruangan.


4. Capilary Tube

Penyempitan tabung dihubungkan sepanjang garis antara kondensor dan evaporator dengan diameter berkisar antara 1 sampai 2 mm. Dan panjang berkisar antara 1 dan 2 m, memungkinkan penyesuaian jumlah gas yang diumpankan ke evaporator.


5. Komponen Listrik dan Elektronik

Komponen elektrik dan elektronik yang dibutuhkan oleh berbagai fungsi AC.


6. Indoor Fan

Indoor fan menghembuskan udara dari lingkungan dalam ruangan dan melewatkannya melalui evaporator; Udara sekarang dingin setelah melalui evaporator didistribusikan kembali ke ruangan.

7. Outdoor Fan

Hal ini menyebabkan udara beredar melalui kondensor untuk mendinginkan refrigeran.




Fungsi Dari Komponen Utama Pendingin Ruangan AC Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email