Fungsi dan Klasifikasi Boiler pada PLTU | Pembangkit Listrik

Pengertian Boiler
Boiler merupakan bagian penting pada suatu Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Boiler adalah bejana bertekanan dengan bentuk dan ukuran yang didesain untuk menghasilkan uap panas (steam). Steam dengan tekanan tertentu kemudian digunakan untuk mengalirkan panas ke suatu proses.


Fungsi Boiler

Boiler berfungsi untuk merubah air menjadi uap superheat yang bertemperatur dan bertekanan tinggi. Proses memproduksi uap ini disebut ‘Steam Raising” (Pembuat Uap). Unit/alat yang digunakan untuk membuat uap disebut “Boiler” (Boiler) atau lebih tepat “steam Generator” (Pembangkit Uap).

Klasifikasi Boiler secara umum ada dua yaitu : Boiler pipa api dan Boiler pipa air. Jenis Boiler pipa api banyak digunakan oleh industri yang memerlukan tekanan uap yang relatif rendah, misalnya pabrik-pabrik gula. Sedangkan jenis pipa air digunakan oleh industri/pembangkit listrik yang memerlukan tekanan uap yang tinggi, misalnya pada pusatpusat listrik tenaga uap.

1. Boiler Pipa Api

Pada boiler jenis ini, gas panas hasil pembakaran (flue gas) mengalir melewati pipa-pipa yang dibagian luarnya diselimuti air sehingga terjadi perpindahan panas dari gas panas ke air dan air berubah menjadi uap. perhatikan gambar dibawah ini :

Gambar boiler tipe pipa api


Kekurangan dari boiler pipa api adalah tekanan uap tidak dapat dibuat terlampau tinggi karena ketebalan drum akan sedemikian tebalnya sehingga tidak menguntungkan. Ruangan untuk pipa pipa pemanasnya pun terbatas. Boiler seperti ini banyak digunakan dipabrik-pabrik gula karena tidak memerlukan tekanan uap yang tinggi.


2. Boiler Pipa Air

Kebalikan dari boiler pipa api, pada boiler (Boiler) jenis ini, air berada didalam pipa sedangkan gas panas berada diluar pipa. Boiler pipa air dapat beroperasi dengan tekanan sangat tinggi sesuai desain (lebih dari 100 Bar).

Gambar boiler pipa air

Gambar tata letak Boiler berbahan bakar minyak



Fungsi dan Klasifikasi Boiler pada PLTU | Pembangkit Listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email