Daya Semu pada Sirkit AC | Tenaga Listrik

Pada postingan sebelumnya kita telah mengetahui bahwa daya nyata dihamburkan oleh resistensi dan daya reaktif dipasok ke reaktansi. Sebagai hasil dari bentuk gelombang arus dan tegangan ini tidak dalam fase karena perbedaan antara komponen resistif dan reaktif rangkaian.

Daya Semu (Apparent Power)
Lalu ada hubungan matematis antara Daya Nyata (P), dan daya reaktif (Q) yang disebut Daya kompleks. Produk tegangan rms, V yang diaplikasikan pada rangkaian AC dan arus rms, dialirkan ke sirkuit itu disebut "volt-ampere product" (VA) dengan simbol S dan yang besarnya dikenal umumnya sebagai daya semu.

Daya yang kompleks ini tidak sama dengan jumlah aljabar daya nyata dan reaktif yang ditambahkan bersama-sama, namun merupakan jumlah vektor P dan Q yang diberikan dalam volt-amp (VA). Ini adalah daya kompleks yang diwakili oleh segitiga daya. Nilai rms dari produk volt-ampere dikenal lebih umum sebagai daya semu, karena "tampaknya" ini adalah daya total yang dikonsumsi oleh sebuah rangkaian meskipun kekuatan sebenarnya yang melakukan pekerjaan jauh lebih sedikit.

Apparent power terdiri dari dua bagian, daya resistif yang merupakan daya fase atau daya sesungguhnya dalam watt dan daya reaktif yang merupakan daya di luar fase volt-ampere, kita dapat menunjukkan penambahan vektor dari Kedua komponen power ini berupa power triangle. Sebuah segitiga daya memiliki empat bagian: P, Q, S dan θ.


Dimana:
P adalah I2R atau daya nyata yang melakukan pekerjaan yang diukur dalam watt, W
Q adalah daya I2X atau Reaktif yang diukur volt-ampere reaktif, VAr
S adalah kekuatan I2Z atau Apparent power (daya semu) yang diukur dalam volt-ampere, VA
Θ adalah sudut fasa dalam derajat. Semakin besar sudut fasa, semakin besar daya reaktif

Tiga elemen yang membentuk daya dalam rangkaian AC dapat digambarkan secara grafis oleh tiga sisi segitiga siku-siku. Sisi horisontal (berdekatan) merupakan rangkaian daya sesungguhnya (P), sisi vertikal (berlawanan) mewakili daya reaktif sirkit (Q) dan sisi miringnya menghasilkan daya semu yang dihasilkan (S), dari segitiga daya seperti yang ditunjukkan pada gambar diatas.




Daya Semu pada Sirkit AC | Tenaga Listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email