Daya Reaktiv pada Sirkuit Listrik AC | Power

Setelah sebelumnya membahas tentang Daya Nyata (Real Power), kali ini akan dibahas mengenai daya Reaktive.


Daya reaktif Q, adalah daya yang dikonsumsi di sirkuit AC yang tidak melakukan pekerjaan yang berguna namun memiliki efek yang besar pada pergeseran fasa antara bentuk gelombang tegangan dan arus. Daya reaktif dihubungkan dengan reaktansi yang dihasilkan oleh induktor dan kapasitor dan menetralkan efek dari Real Power. Perlu diketahui bahwa Daya reaktif tidak ada di sirkuit DC.




Tidak seperti Daya Nyata (P) yang melakukan semua pekerjaan, daya reaktif (Q) mengambil alih daya dari rangkaian karena penciptaan dan pengurangan medan magnet induktif dan medan elektrostatik kapasitif, sehingga mempersulit Daya Nyata untuk mensuply listrik langsung ke sirkuit atau beban.

Daya yang disimpan oleh induktor di medan magnetnya mencoba mengendalikan arus, sementara daya yang tersimpan oleh medan elektrostatik kapasitor mencoba mengendalikan voltase. Hasilnya adalah bahwa kapasitor "menghasilkan" daya reaktif dan induktor "mengkonsumsi" daya reaktif. Ini berarti bahwa keduanya mengkonsumsi dan mengembalikan Daya ke sumbernya sehingga tidak ada daya nyata yang dikonsumsi.


Untuk menghitung daya reaktif, tegangan rms dan nilai arus dikalikan dengan sinus dari sudut fasa, θ seperti yang ditunjukkan persamaan berikut :


Reactive Power   Q = I2X = V*I*sin(θ)  volt-amperes reactive, (VAr’s)

Karena ada perbedaan fase 90˚ antara tegangan dan bentuk gelombang arus dalam reaktansi murni (baik induktif atau kapasitif), mengalikan VI oleh sinθ memberikan komponen vertikal yang 90˚ out-of-phase satu sama lain, jadi:


Dimana daya reaktif (Q) mempunyai satuan volt-ampere reaktif, tegangan (V) ada di rms volt dan arus (I) ada di rms ampere.


Kemudian daya reaktif mewakili produk volt dan ampere yang 90˚ out-of-phase satu sama lain, namun secara umum, ada sudut fasa, θ antara voltase dan arus.

Dengan demikian daya reaktif adalah elemen reaktif I2X yang memiliki unit voltase ampere reaktif (VAr), Kilovolt-ampere reaktif (kVAr), dan Megavolt-ampere reaktif (MVAr).

Daya Reaktiv pada Sirkuit Listrik AC | Power Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

2 comments:

amir mirza said...

Terima kasih share ilmu nya gan. . .
Penggunaan kata kata yang cukup ringan untuk dimengerti. . .

izin share lapak ya gan buat yang butuh kit elektronik
http://www.sentosa.co.id/index.html

PLC DROID said...

Sangat bermanfaar ilumnya bang..

Mampir juga di blog ane ban, nanti bsa sharing" bsreng
www.plcdroid.com

Berlangganan Via Email