Pengertian dan Prinsip Kerja Sensor Gyroscope

Sobat INFO-ELEKTRIK, mungkin pernah memainkan game balapan mobil di ponsel android atau smartphone, yang mana kita memainkannya tinggal menggoyangkan saja layar android ke kanan kiri sehingga mobil bisa ikut berbelok sesuai gerakan kita. Nah ini salah satu aplikasi sensor gyroscope. bagaiaman cara kerjanya? mari kita simak.

Sensor giroscope, yang juga dikenal sebagai sensor tingkat sudut atau sensor kecepatan sudut, adalah perangkat yang merasakan kecepatan sudut.

Prinsip Kerja Sensor Gyroscope

Ketika segala sesuatunya berputar di sekitar sumbu, maka timbul apa yang disebut kecepatan sudut. Roda pemintal dapat diukur dalam putaran per detik (RPS) atau derajat per detik (° / s). Perhatikan ilustrasi berikut :



Perhatikan bahwa sumbu z dari gyro di bawah ini sejajar dengan sumbu rotasi pada roda.

Jika Anda memasang sensor ke roda yang ditunjukkan di atas, Anda dapat mengukur kecepatan sudut sumbu z dari gyro. Dua sumbu lainnya tidak akan mengukur rotasi apapun.

Bayangkan jika roda berputar sekali per detik. Ini akan memiliki kecepatan sudut 360 derajat per detik. Arah roda berputar juga penting. Apakah searah jarum jam di sekitar sumbu, atau berlawanan arah jarum jam?

Apa yang bisa dilakukan dengan sensor gyroscope?

> Mengukur pergerakan rotasi (rotational motion)
> Mengukur perubahan orientasi.

Tipe-tipe sensor gyro berdasar ukuran dan kinerjanya sensor gyro dibedakan menjadi :




Dalam beberapa tahun terakhir getaran sensor gyro telah digunakan ke sistem deteksi goyangan kamera untuk kamera video dan compact kamera, penginderaan gerak untuk permainan game pada ponsel, dan sistem kontrol stabilitas elektronik kendaraan bermotor (anti-selip), dan lain sebagainya.


Aplikasi sensor gyro dalam peralatan :

Ada 3 penerapan utama untuk sensor gyroscope yaitu :

1. Angular Velocity Sensing  ( Penginderaan Kecepatan Sudut )
Dalam hal ini sensor gyroscope akan mengukur jumlah kecepatan sudut yang dihasilkan. Digunakan dalam mengukur jumlah gerak itu sendiri. Contohnya : Mengukur gerakan atlet.

2. Angle Sensing ( Penginderaan arah sudut )
Mengukur angular velocity yang dihasilkan oleh gerakan sensor sendiri. Sudut terdeteksi melalui operasi integrasi oleh CPU. Sudut yang dipindahkan diumpankan ke dalam sebuah tampilan aplikasi.
Contoh: Sistem navigasi mobil dengan gps.

3. Mengontrol Sistem Mekanik
Penginderaan getaran dihasilkan oleh faktor eksternal, dan mentransmisikan data getaran sebagai sinyal listrik ke CPU. Digunakan dalam mengoreksi orientasi atau keseimbangan suatu objek.
contoh : Koreksi kamera, kontrol kendaraan.

Contoh aplikasi angular velocity :
• Sistem navigasi mobil: ~ 10 deg / s
• Kontrol kendaraan: ~ 30 deg / s
• Koreksi kamera goncangan: ~ 100 deg / s
• Game controller: ~ 300 deg / s
• Merasakan ayunan pemain papan atas golf: ~ 3.000 deg / s


Contoh aplikasi sensor gyroscope lainya :





Pengertian dan Prinsip Kerja Sensor Gyroscope Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email