Konstruksi Dari Kabel Power Listrik

Ada berbagai bagian kabel yang harus dijaga selama konstruksi. Kabel listrik utamanya terdiri dari :
1. Konduktor
2. Isolasi
3. LAY untuk kabel Multicore saja
4. Bedding
5. Beading / Armouring (jika diperlukan)
6. Selubung luar (Outher sheath)
Untuk konstruksinya bisa dilihat pada gambar berikut :



Konduktor
Konduktor adalah satu-satunya jalur pembawa daya pada kabel. Konduktor mempunyai bahan khusus yang berbeda. Terutama di industri kabel digunakan tembaga (ATC, ABC) dan konduktor aluminium untuk kabel listrik. Ada berbagai jenis konduktor seperti Kelas 1: solid, Kelas 2 stranded, Kelas 5 fleksibel, Kelas 6 Ekstra fleksibel (Sebagian besar digunakan untuk kabel dan pengelasan), dll. Ukuran konduktor diidentifikasi dengan resistansi konduktor.

Isolasi Kabel
Isolasi yang diberikan pada masing-masing konduktor kabel diantaranya  PVC (Poly Vinyl Cloride), XLPE (Crosslinked Polyethyelene), KARET (Various Types of Rubber). Bahan isolasi didasarkan pada suhu operasi.


Beading ( Inner Sheath )

Bagian kabel ini juga dikenal sebagai inner sheath. Sebagian besar digunakan pada kabel Multi core. Beading berfungsi sebagai pengikat untuk konduktor terisolasi bersama di kabel daya multi-core dan menyediakan tempat tidur untuk baju besi / kepang. 

Bagian dari kabel ini terutama terbuat dari PVC (PVC ST-1, PVC ST-2), KARET (CSP SE-3, CSP SE-4 dan PCP SE-3, PCP SE-4, HOFR SE-3 HOFR SE -4, HD HOFR SE-3, dan lain-lain)


Terutama ada G.I. WIRE ARMOURING, G.I. STEEL STRIP armouring. Hal ini dilakukan dengan menempatkan G.I. WIRE, GI atau STEEL STRIP satu per satu di selubung bagian dalam. Armouring adalah proses yang dilakukan terutama untuk memberikan perisai pembumian ke konduktor pembawa arus dan juga digunakan untuk keperluan grounding kabel untuk keamanan. Bila terjadi kegagalan insulasi pada konduktor, fault current memiliki jalur yang cukup untuk mengalir melalui armor jika digrounding dengan benar. Memberikan perlindungan mekanik ekstra dan kekuatan pada kabel merupakan keuntungan tambahan yang penting dari armouring. Dalam MINING CABLES hal ini dilakukan untuk konduktansi.

Beading

ANNEALED TINNED COPPER WIRE, NYLON BRAID, COTTON BRAID terutama digunakan untuk tujuan ini. Braiding adalah proses yang memberikan proteksi mekanik tinggi terhadap kabel dan juga digunakan untuk keperluan pembumian. Signifikansi braiding lebih fleksibel dibandingkan dengan armouring.

Outer Sheath (Pelindung Luar)

Ini adalah penutup terluar dari kabel yang biasanya terbuat dari PVC (Poly Vinyl Chloride), KARET (Various Types of Rubber) dan seringkali bahannya sama seperti tempat tidur. Ini disediakan di atas armor untuk perlindungan mekanik, cuaca, kimia dan listrik secara keseluruhan. Selubung luar adalah perlindungan yang ditawarkan pada kabel tidak banyak secara elektrik namun lebih mekanis.


Konstruksi Dari Kabel Power Listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email