Sistem Udara dan Gas Pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap ( PLTU )

1. Sirkit Udara

Udara berfungsi untuk proses pembakaran bahan bakar sehingga disebut udara pembakaran. Udara berasal dari atmosfir yang dihisap ole Force Draft Fan ( FD Fan) dan dialirkan ke air heater. Udara panas dari air heater kemudian masuk kedalam windbox dan selanjutnya didistribusikan ke tiap-tiap burner untuk proses pembakaran.


Peralatan yang berada dalam sirkit udara adalah :
1. Force Draft Fan ( FD Fan ),
2. Air heater,
3.  Windbox. 


FD Fan berfungsi sebagai pemasok udara pembakaran dimana udara ini diambil dari atmosfir.




2. Sirkit Gas

Gas panas hasil pembakaran / disebut gas buang ( flue gas) berfungsi sebagai sumber energi panas. Gas panas dari ruang bakar dialirkan melewati pipa-pia superheater I dan II, pipa-pipa reheater I dan II, economizer, dan melalui air heater. Dari air heater gas masuk ke alat penangkap debu ( Electrostatic Precipitator atau EP ), dan dari EP gas dihisap oleh ID Fan untuk selanjutnya dibuang ke atmosfir melalui cerobong.


Peralatan yang termasuk dalam sistem gas buang meliputi Air Heater, Electrostatic Precipitator, dan Induced Draft Fan ( ID Fan).
Air HEater berfungsi untuk memanaskan udara pembakaran dengan panas gas buang.

Electrostatic Precipitator berfungsi untuk menangkap abu dan debu yang terbawa dalam gas sebelum dibuang ke atmosfir. ID Fan berfungsi untuk menghisap gas dan membuang ke atmosfir melalui cerobong. IDF juga berfungsi mengontrol tekanan ruang bakar agar selalu sedikit vakum.


Sistem Udara dan Gas Pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap ( PLTU ) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email