Prinsip Kerja Piezoelectric Transducer | Instrument

Apa itu Piezoelektrik Transducer ?

Efek  piezoelectric adalah muatan listrik yang terakumulasi pada bahan padat tertentu, seperti kristal dan keramik akibat dikenai tekanan (pressure ). Piezoelectric sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, hanya saja mungkin kita tidak terlalu sadar akan alat ini. Piezoelectric digunakan untuk mengukur tekanan, percepatan, regangan, dll serta biasa digunakan dalam alat-alat seperti: mikrofon, jam quartz, pengubah suara menjadi tulisan pada laptop kita, mesin pembakaran dalam, printer, oscillator elektronik, hingga bisa dijadikan sebagai sumber energi alternative ditempat keramaian seperti  di Bandara-bandara modern.



Tegangan listrik yang dihasilkan oleh transduser piezoelektrik dapat dengan mudah diukur dengan alat ukur tegangan, yang dapat digunakan untuk mengukur tekanan atau kekuatan. Kuantitas fisik seperti stres mekanik atau kekuatan tidak dapat diukur secara langsung. 


Sifat efek piezoelectric berkaitan erat dengan terjadinya momen dipol listrik pada suatu padatan. Efek tersebut juga dapat dirangsang untuk ion di situs kisi kristal dengan lingkungan yang “asimetris”, seperti dalam BaTiO3 dan PZTs. Kepadatan dipol atau polarisasi dapat dengan mudah dihitung pada kristal dengan menjumlahkan momen dipol per volume unit sel satuan kristal. Dipol  yang deket satu sama lain akan cenderung berpihak di daerah yang disebut dengan daerah Weiss Domain. Domain biasanya berorientasi acak, tetapi dapat disejajarkan dengan cara proses poling dimana medan listrik yang kuat akan diterapkan pada bahan bertemperatur tinggi.

Pada efek piezoelectric, perubahan polarisasi terjadi akibat dari pembebanan atau stress mekanik. Piezoelectric tidak disebabkan oleh perubahan densitas muatan dipermukaan melainkan dengan kepadatan dipol pada bulk, misalnya: 1 cm3 kubus kuarsa ketika diberi gaya 2 kN akan menghasilkan tegangan 12.500 V.


Penerapan  piezoelectric


1. Di mikrofon, tekanan suara diubah menjadi sinyal listrik dan sinyal ini akhirnya diperkuat untuk menghasilkan suara lebih keras.

2. sabuk pengaman mobil mengunci dalam menanggapi perlambatan cepat juga dilakukan oleh bahan piezoelektrik.

3. Hal ini juga digunakan dalam diagnosa medis.


4. Digunakan untuk mempelajari gelombang kejut kecepatan tinggi dan gelombang ledakan.

5. Digunakan dalam printer Inkjet

6. Hal ini juga digunakan di restoran atau bandara di mana ketika seseorang langkah dekat pintu pintu akan terbuka secara otomatis. Dalam hal ini konsep yang digunakan adalah ketika orang dekat pintu tekanan yang diberikan orang berat pada sensor karena yang efek listrik diproduksi dan pintu akan terbuka secara otomatis.
Prinsip Kerja Piezoelectric Transducer | Instrument Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email