Prinsip Kerja Generator AC | Alternating Current

Sebuah Generator AC 3 fasa disebut juga "Alternator". Seperti generator DC, generator AC juga terdiri dari dua gulungan yaitu,  Field Winding dan Armature Winding.
Namun, tidak seperti di DC Generator, kutubnya berada pada rotor dan armature windingnya berada di stator.



Field Winding pada kutub membutuhkan arus DC yang disuplai dengan menggunakan sepasang cincin slip pada poros dan sepasang sikat karbon stasioner. Semua kutub yang identik dan simetris dipasang pada rotor dengan polaritas alternatif yaitu, Kuub "Utara" diikuti oleh Kutub "Selatan" yang pada gilirannya diikuti oleh kutub "Utara" lainnya dan demikian seterusnya.


Prinsip Kerja

Generator digerakkan oleh mesin dalam arah yang benar dengan kecepatan ratenya (rated speed) (RPM). Arus DC kemudian diumpankan ke field winding melalui pengaturan brush dan slipring. Kutub menghasilkan fluks magnetik yang cukup kuat. Karena kutub berputar, medan magnet juga berputar. Gulungan angker di gulungan stator memotong fluks dari kutub yang berputar. Oleh karena itu tenaga listrik diproduksi di stator. Perhatikan bahwa frekuensi listrik dijaga konstan pada 50 Hz (atau 60 Hz) dengan menjaga kecepatan generator yang konstan.

Prinsip Kerja Generator AC | Alternating Current Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email