Mengenal Sistem Interface

Pada era sekarang ini penggunaan komputer tidak lagi terbatas pada pengolahan dan manipulasi data saja, namun sudah digunakan untuk sistem kontrol berbagai peralatan, contohnya menyalakan/mematikan lampu secara otomatis, penggunaan CCTV dan lain sebagainya. 


Dengan penggunaan komputer seperti yang telah disebutkan diatas, maka komputer berperan sebagai pengontrol yang dapat diprogram untuk menjalankan apa yang dikehendaki oleh programmernya. Antara sistem digital (sebagai pengontrol) dan sistem analog (sebagai peralatan yang dikontrol) harus terdapat suatu jembatan yang menghubungkan kedua sistem tersebut. Jembatan ini selanjutnya disebut sistem interface I/O. 

Sistem digital merupakan sistem yang menjadi otak dari sistem secara keseluruhan. Sistem digital ini membaca kondisi dari sistem analog melalui sistem interface I/O dan mengkontrol sistem analog melalui sistem interface I/O.

Sistem kontrol secara digital ini menggantikan sistem kontrol manual yang menggunakan switch mekanik dan diatur secara manual pula. Selain itu dengan sistem kontrol secara digital ini, kondisi sistem analaog yang dikontrol dapat pula dimonitor keadaannya. Sistem analog merupakan bagian dari peralatan analog yang aktivitasnya dikontrol oleh sistem digitalnya melalui sistem interface I/O. Sistem analog dapat berupa lampu bolam 220 volt, motor AC, Control Valve dan berbagai peralatan lainnya.



Disini terlihat bahwa sistem interface I/O sangat penting peranannya yaitu untuk menginterfacekan sistem digital yang hanya mengenal kondisi ‘High’, yang ekuivalen dengan tegangan 4.5 volt sampai 5 volt dan kondisi ‘Low’ yang setara dengan tegangan dibawah 1.2 volt dengan sistem analog dengan tegangan 220 VAC dengan konsumsi arus yang paling tidak 1Amp ke atas. Dari kondisi seperti di atas maka perlulah bagian digital dan bagian analog ini dilewatkan sistem interface yang secara elektronik terisolasi antar bagiannya. Teknik interface I/O disini ada beberapa teknik dan tiap teknik tersebut mempunyai keistimewaan pada aplikasi tertentu.

Contoh Aplikasi Sistem Interface


Sebuah komputer PC diharapkan dapat mengkontrol 5 buah titik lampu yang menyala/mati pada jam-jam tertentu. Interface melalui sebuah PPI card (dengan menggunakan chip PPI 8255) .  Output PPI adalah TTL level sedangkan untuk lampu yang digunakan adalah lampu TL biasa. Untuk menginterfacekan antara PPI (sistem digital)dengan lampu (sistem analog) digunakan relay 5volt. Contoh aplikasi ini adalah salah satu contoh penggunaan relay sebagai interface antara sistem digital dan sistem analog.


Mengenal Sistem Interface Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email