Fungsi ELCB dalam Instalasi Listrik

Dear sobat, kali ini saya akan posting mengenai ELCB, yaitu pengertian dan fungsinya pada suatu instalasi listrik.


Apa itu ELCB ?
Earth Leakaque Circuit Breaker ( ELCB ) adalah alat pengaman arus bocor tanah atau juga disebut saklar pengaman arus sisa. Alat ini bekerja dengan sistim differential, dimana saklar ini mempunyai sebuah transformator arus dengan inti berbentuk gelang, inti tersebut melingkari semua hantaran supply ke mesin atau peralatan yang diamankan, termasuk hantaran netral, ini berlaku untuk semua sambungan satu-phasa, sambungan tiga-phasa tanpa netral maupun sambungan tiga-phasa dengan netral. 

Gambar 1. Contoh ELCB

Pada keadaan normal, jumlah arus yang dilingkari oleh inti trafo adalah sama dengan nol, apabila terjadi arus bocor ketanah, misalkan 0,5 ampere, maka keadaan setimbang ini akan terganggu, karena itu dalam inti trafo akan timbul medan magnet yang membangkitkan suatu tegangan dalam kumparan sekunder, Arus differential terkecil yang masih menyebabkan saklar ini bekerja disebut arus jatuh nominal (If) dari saklar. Saklar ini direncanakan untuk suatu arus jatuh nominal tertentu. 

Prinsip Kerja ELCB


Apabila terjadi gangguan,  arus yang mengalir pada penghantar phasa tidak sama lagi dengan arus yang mengalir pada netral ( IL = IN + If ) atau sistim dikatatakan dalam keadaan tidak seimbang, arus differential ini dibandingkan dalam sebuat sistim trafo toroida. Ketidak seimbangan antara arus phasa dengan arus netral menandakan adanya arus bocor ketanah akibat kegagalan isolasi, ketidak seimbangan arus ini akan menyebabkan fluks magnet pada toroida sehingga pada bilitan sekunder toroida akan dibangkitkan suatu tegangan yang berfungsi untuk menggerakan relai pemutus mekanisme kontak, kemudian kontak utama ELCB akan memutuskan hubungan dengan peralatan.

Perlindungan yang idial pada instalasi listrik rumah seharusnya memiliki perangkat pengaman terhadap beban lebih, hubung singkat serta arus bocor. Untuk mengamankan sistem dan peralatan yang kita gunakan sebaiknya sistem kita memilki pentanahan yang baik dalam arti nilai impedansi pentanahan harus sekecil mungkin agar pengaliran arus gangguan ketanah berlangsung secara sempurna.

Suatu arus bocor akan menyebabkan suatu medan magnet kedua dalam magnet halang (medan halang), karena medan halang ini jalan ke angker bagi garis-garis gaya dari magnet permanent akan tertutup. Sebuah magnet permanent menimbulkan garis-garis gaya megnetik dalam dua paket besi trasformator dengan permiabilitas yang rendah. Sebagian besar dari garis-garis gaya megnet tersebut melewati sebuah angker, sehingga angker ini akan ditarik. Gaya tarik maknet ini mengalahkan gaya tarik sebuah pegas.
Fungsi ELCB dalam Instalasi Listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email