Elemen Pada Sistem Kendali | Kontrol

Berikut adalah istilah-istilah elemen yang digunakan dalam sistem kendali :


1. Process (Proses)

Proses adalah tatanan peralatan yang mempunyai suatu fungsi tertentu. Input proses dapat bermacam-macam, yang pasti ia merupakan besaran yang dimanipulasi oleh final control element agar variabel pengukuran sama dengan set point. Input proses tersebut disebut juga dengan manipulated variabel.

2. Controlled Variabel

Controlled variabel adalah besaran/ variabel yang dikendalikan. Besaran ini pada diagram kotak juga disebut sebagai output proses atau proses variabel.

3. Manipulated Variabel
Adalah input dari suatu proses yang dapat dimanipulasi atau dirubah besarannya agar proses variabel atau controlled variabel besarnya sama dengan set point.

4. Disturbance
Merupakan besaran lain, selain manipulated variable, yang dapat menyebabkan controlled variabel. Besaran ini juga lazim disebut dengan Load.


5. Sensing Element

Merupakan bagian paling ujung suatu sistem pengukuran. Contoh sensing elemen banyak dipakai misalnya thermocouple. Bagian ini juga biasa disebut sensor atau primary element.

6.Transmitter
Adlah elemen yang berfungsi untuk membaca sinyal sensing element kemudian mengubahnya menjadi sinyal yang dapat dimengerti oleh controller.

7.Transducer
Adalah unit pengalih sinyal. Kata transmitter, seringkali dirancukan dengan kata transducer. Keduanya memang mempunyai fungsi yang serupa, walaupun tidak sama besar. Transducer lebih bersifat umum, sedangkan transmitter lebih khusus pada pemakaiannya dalam sistem pengukuran.

8. Measurement Variable

Adalah sinyal yang keluar dari transmitter. Besaran ini merupakan cerminan besarnya sinyal sistem pengukuran. Set Point adalah besar proses variabel yang dikehendaki. Sebuah kontroller akan selalu  berusaha menyamakan controlled variable dengan setpoint.

9. Error

Adalah selisih antara set pint dikurangi measured variable/. Eror bisa negatif dan bisa positif. 

10. Controller
Merupakan elemn yang mengerjakan tiga dari empat tahap langkah pengendalian, yaitu membandingkan set point dengan measurement variable, menghitung berapa banyak koreksi yang perlu dilakukan, dan mengeluarkan sinyal koresksi sesuai dengan hasil perhitungan, Controller sepenuhnya bisa mengganti peran manusia dalam mengendalikan sebuah proses.

11. Final Control Element

Adalah bagian akhir dari instrumentasi sistem kontrol. Bagian ini berfungsi untuh mengubah pengukran variabel dengan cara memanipulasi besarnya manipulated variable, berdasarkan perintah controller. Contohnya fari final control element ini adalah Control Valve.
Elemen Pada Sistem Kendali | Kontrol Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email