Belajar Komunikasi HART | Instrument

Sobat, postingan kali ini akan dibahas mengenai dasar teori komunikasi HART.



Apa itu HART?

HART adalah singkatan dari “Highway Addressable Remote Transducer”, yang bisa diartikan sebagai Jalur komunikasi jarak jauh dengan transducer. HART protocol dibuat berdasarkan standar komunikasi Bell 202. HART mempunyai dua modulasi sekaligus dalam komunikasinya yaitu menggunakan analog (4-20mA) dan Digital yaitu FSK (Frequency Shift Keying).



Hal ini memungkinkan komunikasi dua arah yang memungkinkan informasi tambahan di luar variabel proses untuk dikomunikasikan ke/ dari smart field instrument. Hart protokol berkomunikasi pada 1200 bps tanpa mengganggu sinyal 4-20 mA dan memungkinkan Aplikasi Host (Master)  untuk mendapatkan dua atau lebih update digital per detik dari smart filed device. Sinyal digital FSK adalah fase kontinyu, sehingga tidak menggangu sinyal 4-20mA.

Teknologi HART adalah master/ slave protokol, yang berarti bahwa smart field (slave) device hanya berkomunikasi jika ada perintah komunikasi dari master. Hart protokol dapat digunakan dalam berbagai mode komunikasi seperti Point to Point ataupun Multidrop untuk mengkomunikasikan informasi ke/ dari Smart Field Instrument dan Sistem Kontrol. Komunikasi HART terjadi antara dua perangkat yang support HART. BIasanya Smart Field Instrument dan Sistem KOntrol.Komunikasi terjadi menggunakan standar kabel instrument.


Hart Protokol menyediakan dua saluran komunikasi secara simultan, sinyal analog 4-20mA dan sinyal digital. Sinyal 4-20mA mengkomunikasikan Nilai utama yang diukur (Dalam hal ini adalah perangkat instrument di lapangan) menggunakan loop sinyal 4-20mA. Informasi tambahan dari perangkat dikomunikasikan menggunakan sinyal digital yang ditumpangkan pada sinyal analog.



Sinyal digital berisi informasi dari perangkat (device) termasuk status perangkat, diagnostik, nilai-nilai pengukuran tambahan atau hasil perhitungan (calculated value), dll. Penggunaan dua saluran komunikasi tersebut menyediakan solusi hemat biaya, dan solusi komunikasi yang lengkap dan kuat yang mudah digunakan dan dikonfigurasi.



Gambar Komunikasi 2 Chanel 

HART Protokol menyediakan sampai dua Master (Primary dan Secondary). Hal ini memungkinkan Master Secondary seperti HART Communicator genggam untuk dapat digunkaan tanpa mengganggu komunikasi ke/ dari Master Primary, yaitu SIstem Kontrol/Pengawasan.



 Pada komunikasi HART, Frekuensi yang digunakan adalah 2200 Hz dan 1200Hz. frekuensi 2200Hz diterjemahkan sebagai ‘0’ dan 1200Hz diterjemahkan sebagai ‘1’.


2200 Hz = '0'
1200 Hz = '1'

HART Protocol memungkinkan semua komunikasi digital dengan field device baik point-to-point atau konfigurasi jaringan multidrop. 






Pada saat HART digunakan untuk Point-to-Point maka sinyal analog dan digital dikirimkan pada saat yang sama, master dapat mengambil data analog ataupun data digital pada waktu yang sama. Sedangkan pada saat digunakan untuk multi-drop atau multi point, maka data yang digunakan hanyalah data digital. Jadi pada saat HART digunakan dengan mode multidrop maka data yang digunakan adalah data digital sedangkan I akan tetap pada 4mA. dan HART hanya dapat digunakan untuk 15 Slave address.

Keunggulan komunikasi HART:

> Data dapat di transmisikan melalui kabel eksisting (yang sudah ada) bisa berupa kabel power.
> HART dapat mengambil data secara analog ataupun digital
> Panjang kabel yang digunakan dapat lebih dari 3000 meter (3Km)
> Bidirectional & multidrop

Kekurangan:

> Komunikasi digital nya cukup lambat yaitu 1200Bps (dibandingkan dengan modbus)
> Maksimum slave yang dapat digunakan hanya 15


Semoga bermanfaat,

Referensi :

http://en.hartcomm.org/
http://www.rifqion.com/menulis/apa-itu-hart-communication/
Belajar Komunikasi HART | Instrument Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email