Pengukuran Level Steam Drum Menggunakan Referensi Wetleg

Sobat, kali ini saya sedikit berbagi tentang pengukuran level steam drum dengan menggunakan Differential Pressure Transmiter yang menerapkan Referensi Wetleg (basah).


       Dalam sebuah tangki bertekanan, pengukuran tekanan differensial didasarkan pada fenomena dimana tekanan yang diberikan pada setiap kedalaman di bawah permukaan cairan setara dengan jumlah dari tekanan hidrostatik yang bekerja pada titik pengukuran dan tekanan hidrostatis yang bekerja pada permukaan cairan. Tekanan hidrostatik dapat dihitung dengan mengalikan jarak titik pengukuran dibawah permukaan cairan dengan densitas cairan. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :



Pada pengukuran Level LP Drum yang menggunakan  referensi Wetleg seperti ditunjukan pada gambar 2 dibawah ini , berlaku tekanan hidrostatis ke sisi tekanan tinggi Differential Pressure Transmitter, yang sama dengan tingkat maksimum yang akan diukur. DP Transmitter terkena tekanan yang sama pada sisi High dan Low ketika level cairan maximum, oleh karena itu tekanan diferensial pada saat level tangki maksimum adalah nol. Pada saat level tangki turun, tekanan pada sisi Low DP turun juga dan terjadi peningkatan tekanan diferensial. Sehingga tekanan differensial dan output transmitter yang berbanding terbalik dengan level tangki, pada saat level tangki penuh transmitter akan mengirimkan sinyal arus 4 mA, sedangkan pada saat level tangki kosong transmitter akan mengirimkan sinyal arus 20 mA. LRV (Lower Range Value) merepresentasikan ∆P  pada saat tangki kosong, dan URV (Upper Range Value) merepresentasikan ∆P  ketika tangki penuh.

Besarnya tekanan differensial dapat dihitung dengan rumus berikut :

∆P = PH - PL
dimana :
∆P : Tekanan Differensial
P: Tekanan di sisi H ( Pressure on H Side )

P: Tekanan di sisi L ( Pressure on L Side )

Semoga bermanfaat.

Pengukuran Level Steam Drum Menggunakan Referensi Wetleg Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email