Jenis Jenis Kabel Listrik Untuk Instalasi Rumah

Pada saat melakukan perancangan instalasi rumah tinggal kita harus menentukan kabel yang akan digunakan, baik ukuran maupun jenisnya. Kemampuan hantar arus pada sebuah kabel listrik (KHA) yang dimilikinya dalam satuan Ampere. Kemampuan hantar arus ditentukan oleh luas penampang konduktor yang berada dalam kabel listrik. Sedangkan tegangan listrik dinyatakan dalam Volt, besar daya yang diterima dinyatakan dalam satuan Watt, yang merupakan perkalian dari :

“Ampere x Volt = Watt”

Contoh :
Sebuah kabel listrik mempunyai kemampuan tegangan 220 Volt dan KHA 10 Ampere, sebuah kabel listrik dapat menyalurkan daya sebesar 220V x 10A = 2200 Watt.

Berikut beberapa jenis kabel yang sering digunakan untuk Instalasi Rumah :

1. Kabel NYA


Biasanya kabel ini digunakan untuk instalasi rumah serta sistem tenaga. Pada instalasi rumah daya rendah digunakan ukuran 1,5 mm2 dan 2,5 mm2. Kabel ini mempunyai inti tunggal, berlapis bahan isolasi PVC, dan seringnya untuk instalasi kabel udara. Kode warna isolasi ada warna merah, kuning, biru dan hitam serta loreng (hijau-kuning --> untuk ground) . Kabel tipe ini umum dipergunakan di perumahan karena harganya yang relatif murah. Lapisan isolasinya hanya 1 lapis sehingga mudah cacat, tidak tahan air dan mudah digigit tikus.
Agar aman memakai kabel tipe ini, kabel harus dipasang dalam pipa/conduit jenis PVC atau saluran tertutup. Sehingga tidak mudah menjadi sasaran gigitan tikus, dan apabila ada isolasi yang terkelupas tidak tersentuh langsung oleh orang.

2. Kabel NYM


Kabel NYM digunakan untuk kabel instalasi listrik rumah atau gedung dan sistem tenaga. Kabel NYM mempunyai inti lebih dari 1, memiliki lapisan isolasi PVC (biasanya warna putih atau abu-abu), ada yang berinti 2, 3 atau 4. Kabel NYM memiliki lapisan isolasi dua lapis, sehingga tingkat keamanannya lebih baik dari kabel NYA (harganya lebih mahal dari NYA). Kabel ini dapat dipergunakan dilingkungan yang kering dan basah, namun tidak boleh ditanam.

3. Kabel NYY


Kabel NYY dilengkapi lapisan isolasi PVC (biasanya warna hitam), ada yang berinti 2, 3 ,4 atau 5. Kabel NYY diepergunakan untuk instalasi tertanam (kabel tanah), dan memiliki lapisan isolasi yang lebih kuat dari kabel NYM (harganya lebih mahal dari NYM). Kabel NYY memiliki isolasi yang terbuat dari bahan yang tidak disukai tikus. kabel ini cocok sekali ditanam di tembok gedung atau di bawah permukaan tanah.

Sekian, semoga bermanfaat
Jenis Jenis Kabel Listrik Untuk Instalasi Rumah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email