Pemeliharaan Peralatan Listrik dalam Bangunan Gedung | Maintenance


TUJUAN DARI PEMELIHARAAN PERALATAN LISTRIK
Selain keselamatan, pemeliharaan diperlukan untuk menjaga peralatn dalam kondisi yang dapat diterima. Pemeliharaan semacam ini harus ditinjau secara efisien, dan hemat energi.

Sementara itu kerusakan plant dapat mengakibatkan gangguan dalam operasi gedung/bangunan, itu juga harus ditanggung dalam pikiran yang menghentikan plant untuk pemeliharaan juga dapat menyebabkan hilangnya produksi.

Peralatan listrik bekerja terus-menerus t, misalnya switchboards, motor kontrol pusat, unit penanganan udara, pendingin dll, memerlukan perhatian lebih daripada beberapa peralatan yang jarang digunakan.

Langkah awal untuk pengmenatan dan efisiensi energi
Selain pertimbangan tersebut diatas akan ada pertanyaan apakah untuk memperbaiki atau mengganti peralatan yang rusak. Hal ini memerlukan analisis masa lalu dan masa depan terhadap pemeliharaan, biaya dan manfaat dari peralatan baru.

Telah ada banyak penelitian operasional yang dilakukan ke hal-hal seperti kemungkinan kerusakan, penggantian dan memperbaiki batas dan merombak kebijakan. Ini jelas memerlukan banyak upaya dan keahlian dan mungkin memerlukan Jasa Konsultan spesialis.

Berikut beberapa langkah awal sederhana yang dapat diambil :

1. Standarisasi Peralatan
Menggunakan sejauh mungkin dari standar barang-barang seperti saklar akan membantu baik dalam membeli, stockholding dan penggantian komponen secara paling ekonomis dan nyaman.

2. Membuat Catatan Perincian Alat
Awalnya ini mungkin bisa menggunakan buku log sederhana atau sistem kartu. Informasi ini harus memberikan beberapa gagasan tentang peraltan  yang memerlukan perhatian dan pada interval apa.

3. Frekuensi Pemeliharaan
Hal ini memerlukan organisasi yang berhati-hati untuk memastikan bahwa hal itu cocok dengan persyaratan operasional. Semua rencana pemeliharaan harus karena itu telah disepakati dengan manajer operasi yang relevan sebelum pelaksanaan.

Pemeliharaan Terencana

Dalam penggunaan pembangkit listrik dan peralatan bisa menjadi berbahaya jika peralatan listrik gagal bekerja. Peraturan ini wajib dan melayani untuk memastikan bahwa semua listrik pada plant dan peralatan dipelihara dan diuji untuk mencegah situasi berbahaya timbul yang dapat membahayakan pengguna alat tersebut atau penghuni gedung.


Pemeliharaan Peralatan Listrik dalam Bangunan Gedung | Maintenance Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email