Apa yang harus dilakukan jika transformator di Industri Mempunyai Kelembaban berlebihan ?

Istilah "kelembaban" pada transformator yang dijumpai di industri umumnya digunakan untuk menunjukkan kadar air yang diserap dalam kertas atau larut dalam minyak. Kadang-kadang, istilah "air" atau "kandungan air" digunakan sebagai cara alternatif untuk menggambarkan zat yang sama.


Air di transformator dapat ditemukan di bagian yang berbeda dari sistem isolasi. Itu dapat terakumulasi dalam isolasi padat, larut dalam minyak, atau ditemukan dalam bentuk cair air di inti atau bawah transformator tersebut. Jika telah ditetapkan bahwa sebuah transformator memiliki kelembaban yang berlebihan, baik melalui analisis air dalam minyak atau analisis titik embun, transformator harus dikeringkan. Jika tidak, adanya kelembaban yang berlebihan di kertas kraft pasti akan memperpendek umur trafo karena dekomposisi kimia melalui oksidasi dari selulosa.




Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal diatas adalah

1. Simple hot oil flush (Penyiraman dengan minyak panas)

Penyiraman dengan minyak panas adalah salah satu metode, meskipun cukup lambat. Minyak dipompa melalui pers filter, yang mengandung unsur-unsur filter kertas, dan kemudian dipanaskan dan disemprotkan ke inti dan gulungan. Minyak panas memiliki afinitas yang lebih besar untuk kelembaban daripada minyak dingin dan akan mengambil beberapa kelembaban dari inti dan kumparan isolasi.

2. Penyemprotan dengan Minyak Panas

Sebuah metode yang lebih baik adalah untuk menyemprot minyak panas ke transformator di bawah vakum. Kombinasi panas dari minyak panas dan vakum akan menyebabkan kelembaban dalam isolasi untuk '' flash off'' dan kering transformator. Perangkap dingin dapat meningkatkan tindakan pompa vakum mekanis. Setelah pompa mekanik menghilangkan semua udara dari tangki transformator, gas yang tersisa di ruang ini adalah H2O.

Penelitian yang dilakukan di Monash University telah menunjukkan bahwa, untuk penilaian yang lebih akurat terhadap kelembaban isolasi transformator, pengawasan terhadap sejumlah parameter, termasuk beban transformator, suhu dan minyak kejenuhan relatif, diperlukan. Diperlukan juga pengukuran karakteristik kelarutan air dan minyak dalam transformator.

Untuk contohnya anda dapat menyaksikan video dibawah ini :

Referensi :
Electrical Engineering Portal

Semoga bermanfaat
Apa yang harus dilakukan jika transformator di Industri Mempunyai Kelembaban berlebihan ? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email