Prinsip Kerja Sensor Induktif | Proximity

Sensor proximity jenis induktif banyak digunakan untuk mendeteksi adanya benda logam pada jarak terntentu tanpa harus menyentuh benda tersebut. Sensor induktif menggunakan arus induksi oleh medan magnet untuk mendeteksi benda logam di dekatnya. Sensor induktif menggunakan coil (induktor) untuk menghasilkan medan magnet frekuensi tinggi seperti yang ditunjukkan pada Gambar di bawah ini. Jika ada benda logam di dekat medan magnet yang berubah, arus akan mengalir dalam objek.


Jika target mendekati benda, akan menginduksi arus eddy. Arus ini mengkonsumsi daya karena perlawanan, sehingga energi di lapangan hilang, dan amplitudo sinyal menurun. 

Sensor dapat mendeteksi objek beberapa sentimeter dari ujung. Tapi, arah ke objek bisa sembarangan seperti yang ditunjukkan pada Gambar berikut.

Medan magnet sensor unshielded mencakup volume yang lebih besar di sekitar kepala kumparan. Dengan menambahkan perisai (logam di sekitar sisi kumparan) medan magnet menjadi lebih kecil, tetapi juga lebih diarahkan. Shields akan sering tersedia untuk sensor induktif untuk meningkatkan directionality dan akurasi mereka.

Semoga bermanfaat.
Prinsip Kerja Sensor Induktif | Proximity Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email