Pengertian dan Prinsip Kerja Spektrofotometer

Apa itu Spektrofotometri?

Spektrofotometri adalah salah satu metode yang digunakan dalam kimia analisis yang digunakan untuk menentukan komposisi suatu sampel baik secara kuantitatif dan kualitatif yang berdasarkan pada interaksi antara materi dengan cahaya. Spektrofotometer merupakan peralatan yang digunakan dalam bidang spektrofotometri. Cahaya tersebut dapat berupa cahaya visibel,  UV , serta inframerah, sedangkan materi dapat berupa atom dan molekul namun yang lebih berperan adalah elektron valensi.


         Sinar / cahaya yang berasal dari sumber tertentu disebut juga sebagai radiasi elektromagnetik. Radiasi elektromagnetik yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah cahaya matahari. Dalam interaksi materi dengan cahaya ( radiasi elektromagnetik), ada kemungkinan radiasi elektromagnnetik tersebut dihamburkan, diabsorbsi sehingga dikenal adanya spektroskopi hamburan, spektroskopi absorbsi ataupun spektroskopi emisi.

         Pengertian spektroskopi dan spektrofotometri pada dasarnya sama yaitu berdasarkan pada interaksi antara materi dengan radiasi elektromagnetik. Namun pengertian spektrofotometri lebih spesifik atau pengertiannya lebih sempit karena ditunjukan pada interaksi antara materi dengan cahaya (baik yang bisa dilihat maupun yang tidak terlihat). Sedangkan pengertian spektroskopi lebih luas misalnya cahaya maupun medan magnet termasuk gelombang elektromagnetik.

Radiasi elektromagnetik mempunyai sifat ganda yang disebut sebagai sifat dualistik cahaya seperti berikut :

1. Sebagai gelombang
2. Sebagai partikel-partikel energi yang disebut foton.



Perhatikan gambar gelombang diatas, karena sifat tersebut maka beberapa parameter perlu diketahui seperti panjang gelombang, frekuensi dan energi tiap foton. Panjang gelombang (l) didefinisikan sebagai jarak antara dua puncak.

Hubungan dari ketiga parameter di atas dirumuskan dengan persamaan Planck. Persmaan tersebut menjelaskan hubungan antara panjang gelombang frekuensi dirumuskan sebagai berikut:

Kesimpulan

 Energi dan frekuensi suatu foton akan berbanding terbalik dengan panjang gelombang tetapi energi yang dimiliki suatu foton akan berbanding lurus dengan frekuensinya.

Nah, sekarang kita akan membahas mengenai prinsip kerja spektrofotometer. 

Gambar berikut ini merupakan contoh spektrofotometer Uv-Vis:

Seperti namanya, spektrofotometer UV-Vis merupakan gabungan antara spektrofotometer UV dan Visible. Pada spektrofotometer UV-Vis ini menggunakan dua buah sumber cahaya berbeda yaitu sumber cahaya UV dan sumber cahaya visible.

Spektrofotometer UV-Vis adalah spektrofotometer berkas ganda sedangkan pada spektrofotometer VIS ataupun UV termasuk spektrofotometer berkas tunggal. Pada spektrofotometer berkas ganda blanko dan sampel dimasukan atau disinari secara bersamaan, sedangkan spektrofotometer berkas tunggal blanko dimasukan atau disinari dalam kondisi terpisah.

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:

Terlihat bahwa spektrofotometer yang digunakan hanya menggunakan satu lampu sebagai sumber cahaya. Lampu tersebut adalah photodiode yang telah dilengkapi monokromator. Monokromator disini berfungsi untuk mengubah cahaya yang berasal dari sumber cahaya agar diperoleh cahaya hanya dengan satu jenis panjang gelombang. Jenis spektroskopi UV-Vis terutama berguna untuk analisis kuantitatif langsung misalnya kromofor, nitrat, nitrit dan kromat sedangkan secara tidak langsung misalnya ion logam transisi.
Pengertian dan Prinsip Kerja Spektrofotometer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email