Pengertian Basis Data Multimedia | MUltimedia Database

Halo sobat, bagi yang terjun ke dunia multimedia, database merupakan hal yang cukup penting saat berhubungan dengan penyimpanan banyak gambar.

Apa itu multimedia Database ?

Multimedia database merupakan salah satu bentuk database yang berisi kumpulan data multimedia (lebih dari 1 media). Multimedia terdiri dari 2 tipe :

1. Static media : Text, Grafik, dan gambar
2.  Dynamic Media : Animasi, audio,video


Hal-hal yang mempengaruhi perkembangan multimedia database adalah :
1. Penggunaan komputer yang semakin luas dan kemampuan komputer yang semakin meningkat. Selain itu berkembangnya alat-alat teknologi yang bisa mengkap display multimedia seperti handycam, kamera digital, scaner, dll. Ditambah lagi media penyimpanan data yang semakin besar.

2. Jaringan komunikasi data dengan kecepatan tinggi yang sudah tersedia saat ini.

3. Semakin banyaknya aplikasi yang berhubungan dengan data multimedia.

Beberapa sistem basis data yang dapat menyimpan format multimedia antara lain : ORACLE, PostGreSQL, Ms SQLServer, dll. Format yang ada saat ini mempunyai kemampuan untuk menyimpan denga baik. Sebagai salah satu nilai dari field database adalah blob. Dalam field ini kita dapat menyimpan data berupa gambar. Penyimpanan data dengan format multimedia juga bisa dilakukan dengan trik menyimpan alamatnya (path) dalam salah satu field database.
Pengertian Basis Data Multimedia | MUltimedia Database Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email