Multimedia Interaktif Untuk Media Pembelajaran

Di era modern seperti saat ini, pembelajaran menggunakan multimedia interaktif akan meningkatkan kemudahan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan, pada materi-materi tertentu penggunaan multimedia interaktif akan terasa lebih mengasikan dan mudah dipahami karena siswa didik akan melihat, mendengar dan merespon apa yang disampaikan.

Multimedia sendiri dibagi menjadi dua kategori yaitu :
1) Multimedia linear 
 2) Multimedia interaktif.

      Multimedia linear merupakan suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan), contohnya: TV dan film. 
      Multimedia interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contohnya multimedia interaktif adalah: Aplikasi game dan CD interaktif.

Berdasarkan uraian diatas dapat diambil kesimpulan, apabila pengguna mendapatkan keleluasaan dalam mengontrol multimedia tersebut, maka hal ini disebut multimedia interaktif. Karakteristik terpenting dari multimedia interaktif adalah siswa tidak hanya memperhatikan media atau objek saja, melainkan juga dituntut untuk berinteraksi selama mengikuti pembelajaran. Multimedia interaktif menggabungkan dan mensinergikan semua media yang terdiri dari: teks, grafik, audio,ataupun video.

       Interaktivitas bukan merupakan  medium, interaktivitas adalah rancangan dibalik suatu program multimedia. Interaktivitas mengizinkan seseorang untuk mengakses berbagai macam bentuk  media atau jalur didalam suatu program multimedia sehingga program tersebut dapat lebih berarti dan lebih memberikan kepuasan bagi pengguna. Interaktivitas dapat disebut juga sebagai interface design atau human factor design.

Interaktivitas sendiri dapat dibagi menjadi dua macam struktur, yakni struktur linear dan struktur non linear. Struktur linear menyediakan satu pilihan situasi saja kepada pengguna sedangkan struktur nonlinear terdiri dari berbagai macam pilihan kepada pengguna.


Multimedia Interaktif Untuk Media Pembelajaran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email