Membuat Rangkaian Sensor Cahaya jenis LDR

Sobat, pernahkah anda mengamati lampu-lampu di pinggir jalan yang tiap sore kalau sudah petang bisa nyala sendiri dan tiap pagi kalau sudah terang bisa mati sendiri? Nah, itu salah satu contoh aplikasi penggunaan sensor cahaya. Mari kita pelajari cara membuat rangkaian dengan menggunakan sensor cahaya LDR.


Apa itu LDR ?
LDR (Light Dependent Resistor) adalah  komponen elektronika yang mempunyai hambatan yang dapat berubah sesuai perubahan intensitas cahaya yang diterima. Komponen ini merupakan keluarga resistor, namun mudah terpengaruh cahaya.


Hambatan dari LDR akan berkurang seiring meningkatnya intensitas cahaya yang mengenai permukaannya. Besarnya hambatan LDR sendiri berbeda-beda tergantung ukuran serta bentuknya. Semakin rapat pola garis di permukaannya pada umumnya perubahan hambatannya akan semakin besar (yan berarti lebih sensitif terhadap cahaya yang diterima).

Nah, untuk contoh rangkaiannya adalah sebagai berikut :

Pada rangkaian sensor cahaya LDR seperti diatas, dipasang seri dengan Variable Resistor (VR) 20K. VR 20K tersebut berfungsi untuk menyesuaikan tingkat sensitifitas rangkaian sensor itu sendiri. Selain itu juga sebagai penyeimbang dengan hambatan LDR yang dipakai .

Bagaimana Prinsip Kerja Rangkaian Sensor Cahaya LDR ?

Prinsip kerja rangkaian sensor cahaya ini yaitu dengan memperkuat perubahan tegangan pada rangkaian seri LDR dengan 2 transistor yang dirangkai dengan pola Darlington (seperti gambar di atas). Hasil penguatan transistor tersebut langsung diumpankan ke Coil Relay. Relay inilah yang berfungsi sebagai saklar untuk diteruskan ke rangkaian beban yang anda inginkan. Anda bisa memberikan beban berupa lampu, motor, alarm, atau rangkaian lain yang bertegangan 12 V.

Bisa ga pake beban listrik AC ?

Jika anda ingin menggunakan beban yang bertegangan AC, maka anda harus memutus total pin/kaki saklar relay secara total. Jangan ada 1 pun yang terhubung ke rangkaian. Maksudnya hanya coil relay saja yang terhubung ke rangkaian sensor cahaya, kontak Relay tidak, namun anda hubungka dengan beban. Pada intinya saklar relay tersebut bisa digunakan untuk mensaklar rangkaian/perangkat apapun. Anda bisa mengganti dengan Relay yang sesuai.

Nah, sekian dulu, selamat mencoba dan semoga bermanfaat
Membuat Rangkaian Sensor Cahaya jenis LDR Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email