3D Scanning Dengan Microsoft Kinect

Sedikit info bagi penggemar 3D, Microsoft Kinect untuk Xbox mengungkapkan bahwa Kinect sebagai scanner yang sangat baik, yang dapat digunakan untuk memperoleh bentuk dari suatu item / barang. Scan dari benda padat, lebih dikenal sebagai 3D scanning, memungkinkan untuk mendapatkan model komputer yang dapat digunakan untuk membuat skenario digital secara virtual, karakter  dapat diintegrasikan  dalam animasi dan video game,  juga  file yang akan digunakan untuk pencetakan 3D dan untuk manufaktur via Mesin CNC Milling.



Sejak printer 3D telah menyebar ke masyarakat umum, tidak hanya untuk memindai wajah, untuk bidang kedokteran, tetapi juga objek apapun telah menjadi ambisi banyak penggemar untuk mencobanya, tapi sayangnya mesin ini (yaitu, scanner 3D), harganya masih tergolong sangat mahal. Tampilan hardware Ms Kinnect sendiri seperti dibawah ini :


Meskipun dipasarkan sebagai "sensor" untuk Xbox, Kinect adalah mempunyai kemampuan lebih dari itu, sebenarnya kinnect berisi kamera RGB video, menampilkan resolusi 640 × 480 piksel, dan ditambah dengan kamera video tambahan, memiliki resolusi lebih rendah (sama dengan 320 × 240 piksel), yaitu menggunakan inframerah. Kamera video yang kedua ini digunakan untuk mendeteksi gambar yang dihasilkan oleh pantulan sinar Infra Merah. Benda akan diamati melalui proyektor infra merah khusus yang terintegrasi di bagian panel depan perangkat tersebut. Selain sensor video, di Kinect dilengkapi  triaxial accelerometer, untuk mendeteksi getaran dan gerakan yang dikenakan pada objek.

 Selain memiliki berbagai sensor diatas , Kinect juga mengintegrasikan mesin, digunakan untuk membuatnya bergerak ke atas dan ke bawah, untuk tujuan yang lebih baik mengikuti gerakan dari para pemain. Mengenai hubungan dengan perangkat luar, Microsoft Kinect menggunakan kabel usb. Untuk menggunakan Kinect sebagai scanner 3D, hanya membutuhkan satu perangkat keras, mengenai kamera video, proyektor inframerah dan accelerometers.

Bagiamana cara kerja Kinect 3D ?

Proyektor inframerah ditempatkan di ruang sebelum pola , terbuat dari banyak poin berjarak sama. Dengan menganalisis gambar yang diperoleh memlalui kamera untuk sinar IR tersebut, Kinect menentukan jarak antara berbagai titik, sehingga mendapatkan jarak dan kemiringan objek menyala. Karena sinar IR dimulai dari area terbatas dan meluas sebagai jarak tumbuh (itu kira-kira kerucut ...), di mana titik-titik tampak sangat dekat, itu berarti bahwa objek dekat dengan sensor, sebaliknya, jika sebliknya, itu berarti bahwa objek terletak jauh. Dengan menjumlahkan semua informasi, adalah mungkin untuk mendapatkan konfigurasi spasial , yang memperlihatkan bentuk. Untuk memahami hal ini dengan lebih baik, bayangkan anda meletakkan selembar polkadot pada objek berdiri di permukaan, hal ini memungkinkan untuk mengidentifikasi bentuk seperti objek atas dasar bagaimana titik-titik yang dibuang, sebagai lembaran membungkus barang itu sendiri .


Daerah dipindai pada Microsoft Kinect: untuk shooting seseorang, direkomendasikan untuk menjaga perangkat pada jarak 1,8 meter dari yang dipindai.

3D Scanning Dengan Microsoft Kinect Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

1 comment:

herinwildan said...

makasih infonya gan , kaloo boleh kasih contohnya gan soalnya saya coba scann tapi hasilnya masih jauh dari senpurna , terimakasih

Berlangganan Via Email