Voltage Regulator dan Hubungannya dengan Faktor Daya

Jumpa lagi sobat INFOKITA, kali ini kita akan membahas dibidang Voltage Regulator dan Faktor Daya, 

Koreksi faktor daya dan pengaturan tegangan sangat berkaitan. Dalam banyak kasus, regulasi tegangan yang diinginkan terkadang membutuhkan biaya yang mahal. Namun, koreksi faktor daya juga dapat dibenarkan karena beberapa alasan berikut :


1. Untuk menurunkan biaya energi listrik, ketika tingkat utilitas listrik bervariasi dengan faktor daya pada titik metering
2. Untuk mengurangi kerugian energi dalam konduktor
3. Untuk memanfaatkan kapasitas penuh dari transformer, switch, perangkat arus lebih, bus, dan konduktor untuk daya aktif saja, sehingga menurunkan investasi modal dan biaya tahunan

Tujuan dari pengaturan tegangan yang baik adalah untuk mengontrol tegangan dari sistem sehingga akan tetap dalam kisaran praktis dan mengamankan range dari toleransi tegangan di bawah semua beban yang didesain. Tegangan pada peralatan pemakai harus berada dalam kisaran yang mampu dijamin operasi peralatan.

Jenis dan ukuran kawat atau kabel, jenis balapan, reactances transformator dan kabel, pemilihan motor-mulai berarti, desain sirkuit, koreksi faktor daya, dan sarana dan tingkat pembebanan semua akan mempengaruhi pengaturan tegangan.

Pengaturan tegangan dalam sirkuit, yang dinyatakan dalam persentase, adalah:


Jika tidak ekonomis untuk mengendalikan drop tegangan melalui  ukuran konduktor, desain sirkuit, atau cara lain, regulator tegangan mungkin diperlukan. Beberapa jenis regulator tegangan, baik otomatis atau manual, yang tersedia untuk semua jenis dan ukuran beban dari perangkat elektronik individu untuk peralatan untuk laboratorium atau departemen store seluruh.

Regulator tegangan sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan utilitas listrik di pengumpan sistem distribusi tsb dan jarang diperlukan dalam bangunan komersial, kecuali untuk digunakan dengan peralatan elektronik.

Koreksi Faktor Daya


Ketika jenis beban yang akan dipasang di bangunan komersial akan menghasilkan faktor daya yang buruk, maka evaluasi harus dilakukan untuk menentukan apakah memasang kapasitor dibenarkan, baik untuk tetap dalam kisaran faktor daya ditentukan oleh utilitas listrik untuk menghindari pembayaran denda atau untuk mendapatkan pengurangan tagihan listrik.

 
Perawatan harus diambil saat menambahkan kapasitor untuk memastikan bahwa tidak ada kondisi resonansi bisa ada dengan frekuensi fundamental atau harmonik. Hal ini terutama berlaku jika SCR drive yang digunakan.Ketika mesin besar (seperti blower, atau pendingin atau udara kompresor) akan dipasang, penelitian harus dilakukan untuk menentukan apakah itu akan ekonomis untuk menginstal motor sinkron dan memanfaatkan untuk koreksi faktor daya. Biaya motor sinkron dengan controller harus dibandingkan dengan biaya motor tupai-kandang dengan kontrol yang sederhana ditambah kapasitor statis yang terpisah.


Voltage Regulator dan Hubungannya dengan Faktor Daya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email