Rekomendasi Grounding System ( Sistem Pentanahan ) di Industri

Landasan Gorunding merupakan dasar di mana keselamatan dan kualitas daya dibangun. Sistem grounding menyediakan jalur impedansi rendah untuk arus gangguan dan membatasi kenaikan tegangan pada komponen logam yang tidak lancar pada sistem distribusi listrik.  Sistem grounding juga memungkinkan transien seperti petir akan aman dialihkan ke bumi. 



Pertimbangan yang cermat harus diberikan untuk menginstal sistem grounding yang melebihi persyaratan minimum NEC untuk meningkatkan keselamatan dan kualitas daya.

1. Peralatan Grounding Konduktor

 Gunakan grounding peralatan konduktor berukuran sama dengan konduktor fase menurun sirkuit impedansi dan meningkatkan waktu kliring perangkat pelindung arus lebih.
 Pertimbangkan pemasangan konduktor peralatan grounding dari jenis kawat sebagai suplemen untuk saluran-satunya peralatan grounding konduktor untuk peralatan sangat sensitif.



2. Sistem Grounding Terisolasi


Sebagaimana diizinkan oleh NEC 250,146 (D) dan NEC 408,40 Exception, pertimbangkan untuk memasang sistem grounding yang terisolasi untuk memberikan referensi sinyal bersih untuk operasi yang tepat dari peralatan elektronik yang sensitif.

Grounding yang terisolasi adalah teknik yang mencoba untuk mengurangi kemungkinan "noise" memasuki peralatan yang sensitif melalui konduktor peralatan grounding. 

Sebuah konduktor yang terpisah, kabel hijau dengan garis kuning (loreng), dijalankan dengan panelboard dengan sisa konduktor sirkuit. 

3. Sirkit Percabangan Grounding


Ganti sirkuit cabang yang tidak terhubung dengan tanah dengan sirkuit cabang yang terhubung dengan tanah. Peralatan elektronik yang sensitif, seperti komputer dan peralatan yang dikendalikan komputer, membutuhkan referensi untuk  operasi yang tepat dan untuk perlindungan dari listrik statis dan lonjakan daya.


4. Resistansi Grounding

Mengukur resistansi dari sistem elektroda pembumian ke tanah. Mengambil langkah-langkah yang wajar untuk memastikan bahwa resistansi terhadap tanah adalah 25 ohm atau kurang untuk beban yang khas. Dalam banyak kasus di industri, terutama di mana banyak beban elektronik , ada persyaratan yang membutuhkan nilai-nilai serendah 5 ohm.

Untuk kasus-kasus tertentu, membuat program pemeliharaan untuk beban elektronik sensitif untuk mengukur ketahanan tanah semi-tahunan, pada awalnya, menggunakan meteran resistensi tanah. Resistensi tanah harus diukur setidaknya setiap tahun sesudahnya.


Ketika melakukan pengukuran ini, tindakan pencegahan keselamatan yang tepat harus diambil untuk mengurangi risiko sengatan listrik.

8. Sistem Perlindungan dari Petir


Sistem proteksi petir tembaga bisa lebih baik dibanding logam lain di kedua korosi dan pemeliharaan faktor. NFPA 780 (Standar Instalasi Lightning Protection System) harus dianggap sebagai standar desain minimal. Sistem proteksi petir hanya boleh dihubungkan dengan kualitas tinggi, impedansi rendah, dan sistem grounding elektroda yang kuat.


Rekomendasi Grounding System ( Sistem Pentanahan ) di Industri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email