Komponen Panel Listrik untuk Kendali Motor 3 Phase

Di industri motor 3 Fasa merupakan motor yang paling banyak digunakan untuk menggerakan berbagai beban / mesin. Dalam instalasinya motor induksi 3 fasa dengan daya besar memerlukan rangkaian starting dan kendalinya seperti untuk membalik arah putaran, pengatura kecepatan dan sebagainya. Nah berikut akan dibahas beberapa komponen dasar dalam panel kendali motor induksi 3 fasa.

1. Magnetic Contactor ( Kontaktor Magnet )

Magnetic Contactor (MC) adalah suatu alat penghubung ramgkaian listrik (saklar) yg bekerja atas dasar elektro magnet, jika koilnya dialiri arus listrik maka kontak-kontaknya akan bekerja. Magnetic COntactor ada yang disuplai dengan sumber DC adapula yang disuplai dengan sumber AC. Untuk sumber DC biasanya 24V dan untuk AC 220V.  kontaktor arus searah kumparannya tidak menggunakan kumparan hubung singkat, sedang kontaktor arus bolak-balik inti magnet dipasang kumparan hubung singkat.


Magnetic Contactor mempunyai 2 jenis kontak, yaitu:
             > kontak utama
             > kontak bantu
Kontak utama merupakan kontak yang dihubungkan ke beban dengan arus besar seperti motor listrik 3 fasa, sedangkan kontak-kontak bantu biasanya digunakan untuk rangkaian kendalinya.



2. Thermal Overload Relay (TOR)

  Overload/TOR/saklar termis ini  dipasang seri dengan beban. TOR yang berfungsi sebagai pengaman apabila terjadi beban lebih pada motor , hubung singkat atau gangguan lainnya , saklar termis akan bekerja memutuskan arus dengan beban sehingga keamanan beban terjaga,  saklar termis ini bekerja atas dasar panas, saklar termis ini dibuat  dari dua logam yang disatukan yang disebut dengan bimetal yang masing-masing mempunyai koefisien muai yangg berbeda (yang satu mudah memuai serta yang lainnya tidak mudah memuai). Apabila  terkena panas akibat arus listrik melewati ketentuan yang sudah diseting, plat bimetal akan membengkok menjauhi plat yang tidak mudah memuai akhirnya plat tidak terhubung, dan apabila arus yg mengalir normal atau panas normal maka plat tersebut akan keposisi semula yg akhirnya arus listrik lagi.

Berikut beberapa kontak bantu di TOR :

kontak nomor 95-96 disebut kontak pembuka (NC)                                                                        kontak nomor 97-98 disebut kontak penutup (NO)
 kontak nomor 95-96-98 disebut kontak tukar (NO/NC)

3. Time Delay Relay (TDR)


TDR sering disebut dengan Timer, yang merupakan Relai penunda waktu digunakan untuk memperoleh periode waktu yg dapat diatur/sistel menurut kebutuhan.

           Apabila arus listrik mengalir pada terminal 2 dan 7(koil) dan waktu waktu yg sudah diatur maka posisi semula titik 3-1 dan 6-8 terbuka sedangkan titik 4-1 dan titik 5-8 tertutup. setelah waktunya sudah tercapai maka posisi sekarang menjadi : titik 3-1 dan 6-8 menutup dan titik 4-1 dan 5-8 membuka. posisi tersebut akan tidak berubah, kecuali aliran listriknya terputus posisinya kembali kesemula.

penggunaan TDR banyak digunakan untuk rangkaian starting star delat untuk pengasutan motor induksi 3 Fasa.

Selain beberapa komponen tersebut yang pasti ada adalah MCB (Miniatur Circuit Breaker), beberapa juga menggunakan NFB (No Fuse Breaker), push button, pilot light, Amperemerter, Voltmeter.

Komponen Panel Listrik untuk Kendali Motor 3 Phase Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email