Pengertian Sistem Informasi Berbasis Komputer

Di jaman sekarang ini berbagai pengolahan informasi sudah banyak menggunakan komputer, berbeda dengan jaman dulu yang masih dilakukan secara manual secara tertulis di kertas. Saat ini banyak perguruan tinggi yang menawarkan program studi Sistem Informasi, karena memang Sistem informasi berbasis komputer sangat membantu dan bermanfaat di berbagai bidang.

Apa itu Sistem Informasi ?
Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang merupakan kombinasi dari orang-orang, fasilitas, teknologi, media prosedur-prosedur maupun pengendalian yang ditujukan untuk mendapatkan jalur komunikasi penting, memproses suatu tipe transaksi rutin tertentu, memberi sinyal kepada manajemen dan beberapa hal lainnya terhadap kejadian-kejadian internal dan eksternal yang penting untuk menyediakan suatu dasar informasi dalam proses pengambilan keputusan.

Apa Manfaat Sistem Informasi ?
Manfaat sistem yaitu untuk menyatukan atau mengintegrasikan semua unsur yang ada dalam suatu ruang lingkup, dimana komponen-komponen tersebut tidak dapat berdiri sendiri. Komponen atau sistem/subsistem harus saling berintegrasi dan saling berhubungan untuk membentuk satu kesatuan sehingga sasaran dan tujuan dari sistem tersebut dapat dicapai. Pendekatan sistem yang merupakan kumpulan dari komponen atau elemen-elemen merupakan definisi yang lebih luas dibandingkan dengan pendekatan sistem yang prosedural.


Dalam merancang sebuah sistem informasi harus diperhatikan beberapa hal berikut agar menghasilkan sistem informasi yang berkualitas :

a. Akurat (accurate)
Informasi harus bebas dari kesalahan dan tidak boleh memberikan informasi yang menyesatkan. Akurat juga berarti bahwa informasi harus jelas memberikan pandangan informasi yang domaksud.

b. Tepat waktu (timelines)
Informasi yang sampai pada penerima tidak ditunda tunda, saat diperlukan segera harus disampaikan tepat waktu. Informasi yang sudah usang nilainya akan berkurang. Karena informasi merupakan landasan didalam pengambilan suatu keputusan.

c. Relevan (relevance)

Informasi tersebut mempunyai manfaat untuk penggunanya. Relevansi informasi untuk setiap orang, satu dan lainnya pasti berbeda.

Komponen - komponen Sistem Informasi :

> Perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang berfungsi sebagai mesin.
> Manusia (people) dan prosedur (procedures) yang merupakan manusia dan tata cara menggunakan mesin.

> Data merupakan jembatan penghubung antara manusia dan mesin agar terjadi suatu proses pengolahan data.

Semoga bermanfaat.
Pengertian Sistem Informasi Berbasis Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email