Cara Merangkai Limit Switch dengan PLC

Dalam Industri limit switch banyak dipakai untuk menjadi sensor berbagai macam proses khusunya sensor batas. kali ini saya sedikit share tentang contoh pemasangan limit switch dengan PLC. sebagai contoh disini digunakan Limit switch dengan spesifikasi sbb :

Tegangan input : 24 VDC
Tegangan Output 24 VDC


Gambar bentuk fisik limit switch

Contoh berikut menghubungkannya dengan PLC Siemens s7-200, kalau PLC nya tergantung yang anda pakai disini hanya contoh saja, yang pernting anda perlu perhatikan beberapa keterangan teknis seperti tegangan input, tipe input PLC nya apakah sinking atau sourcing.
Untuk menghubungkan limiti switch dengan PLC S7-200, layaknya seperti merangkai saklar sebagai input seperti ditunjukan gambar


Gambar diatas menunjukan rangkaian sederhana untuk menghubungkan limit Switch dengan digital input PLC Siemens S7-200. Input menggunakan sumber tegangan 24 VDC yang berasal dari PLC, digunakan 24 VDC karena digital input PLC S7-200 mempunyai tegangan input sebesar 24 VDC. Jika limit switch akan menggunakan sumber tegangan selain 24 VDC maka bisa dilakukan dengan melalui relay diantara limit switch dan digital input. Namun tetap perlu diperhatikan bahwa tegangan input PLC S7-200 CPU 226 adalah 24 VDC.

Contoh aplikasi :
> Pada Tank Hopper untuk mendeteksi roller sudah berada di sebelah kanan atau kiri bak penampungan.
> Pada sistem pneumatik dimana setelah piston menyentuh limit switch akan melanjutkan proses berikutnya.
> Pada WLC / Water Level Controller dimana pelampung dihubungkan dengan pegas yang akan menarik kontak limit switch.

Dan sebagainya, banyak sekali aplikasi limit switch.


Cara Merangkai Limit Switch dengan PLC Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email