Cara Kerja Mesin Diesel dalam Kendaraan Bermotor

Bagaimana Cara Kerja Mesin Diesel ? 
mari kita ulas bersama
Pada dasarnya prinsip kerja mesin diesel adalah mengubah energi kimia menjadi energi mekanik yang selanjutnya dapat diubah menjadi putaran. Energi kimia di dapatkan melalui proses pembakaran dari bahan bakar  solar dan oksidiser (udara) di dalam silinder (ruang bakar).Di dalam mesin diesel, terdapat suatu ruangan yang dirancang khusus agar di ruangan itu dapat terjadi peningkatan suhu hingga mencapai titik nyala yang mampu membakar bahan bakar. Ruangan ini “dimampatkan” sehingga memiliki tekanan dan suhu yang cukup tinggi.


penjelasan cara kerja mesin diesel secara sederhana adalah  seperti berikut ini :

 Pada motor diesel yang diisap oleh torak atau piston dan dimasukkan ke dalam ruang bakar hanya udara melalui katup masuk,kemudian udara tersebut dikompresikan sehingga mencapai suhu dan tekanan yang tinggi. Beberapa saat sebelum torak mencapai Titik Mati Atas (TMA) bahan bakar solar diinjeksikan masuk ke dalam ruang bakar. Dengan suhu dan tekanan udara dalam silinder yang cukup tinggi maka partikel-partikel bahan bakar akan menyala dengan sendirinya kemudian menghasilkan ledakan yang mendorong piston, gerakan piston yang maju mundur ini kemduian dikonversikan menjadi putaran sehingga akan menggerakkan poros-poros roda pada kendaraan ataupun mesin lainnya. Kekuatan untuk mendorong piston ini, sederhananya kita sebut dengan “tenaga”. Kejadian ini berulang-ulang dan tenaga yang muncul itu dimanfaatkan untuk menggerakkan mobil, generator listrik, dan sebagainya. Supaya bahan bakar solar dapat terbakar sendiri, maka diperlukan rasio kompresi 15-22 dan suhu udara kompresi kira-kira 600ÂșC.

Walaupun untuk motor diesel tidak diperlukan sistem pengapian seperti halnya pada motor bensin, namun dalam motor diesel diperlukan sistem injeksi bahan bakar yang berupa pompa injeksi (injection pump) dan pengabut (injector) serta perlengkapan bantu lain.

Semoga bermanfaat
Cara Kerja Mesin Diesel dalam Kendaraan Bermotor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email