Tutorial Pengolahan Citra Digital

Postingan kali ini kita akan membahas mengenai Pengolahan Citra Digital atau Digital Image Processing, Tentunya sobat sudah sering menggunakan software software pengolah gambar bukan ? contohnya mencerahkan foto / gambar, mengedit dll melalui Photoshop, corel, dsb.. namun bagaimanakah sebenarnya dasar dari pengolahan citra tersebut ? dan bagaimana pengembangannya ? Mari kita sama sama mempelajarinya..



Pengertian Pengolahan Citra Digital
Pengolahan citra adalah suatu metode untuk mengkonversi gambar ke dalam bentuk digital dan melakukan beberapa operasi di atasnya, untuk mendapatkan gambar yang disempurnakan atau untuk mengambil beberapa informasi yang berguna dari itu. Ini adalah jenis sinyal dispensasi dimana input gambar, seperti frame video atau foto dan output mungkin foto atau karakteristik yang terkait dengan citra tersebut. Biasanya dalam sistem Pengolahan CItra termasuk memperlakukan gambar sebagai dua sinyal dimensi sambil menerapkan metode pemrosesan sinyalnya.
Pengolaha citra digital sendiri termasujk teknologi yang berkembang pesat saat ini, dengan aplikasi dalam berbagai aspek bisnis. Pengolahan Citra merupakan daerah penelitian inti dalam teknik dan dan juga disiplin ilmu komputer.



Pengolahan citra pada dasarnya mencakup tiga langkah berikut : 
>>  Mengimpor gambar dengan scanner optik atau fotografi digital. 
>> Menganalisis dan memanipulasi gambar yang meliputi kompresi data dan peningkatan citra dan bercak pola yang tidak mata manusia seperti foto satelit. 
>> Output tahap terakhir di mana hasil dapat diubah gambar atau laporan yang didasarkan pada analisis citra.


Tujuan Pengolahan CItra Digital :
1 Visualisasi - Mengamati objek yang tidak terlihat. 
2 Mengasah Gambar dan proses restorasi - Untuk membuat gambar yang lebih baik. 
3 Pengambilan gambar - Carilah gambar yang menarik. 
4. Pengenalan pola - Tindakan berbagai objek dalam gambar. 
5. Image Recognition - Membedakan objek dalam gambar.

Metode Pengolahan Citral Digital
Kedua jenis metode yang digunakan untuk pengolahan citra  adalah Analog dan Digital . Analog atau teknik visual pengolahan citra dapat digunakan untuk hard copy seperti cetakan dan foto-foto. Gambar analis menggunakan berbagai dasar-dasar penafsiran saat menggunakan teknik visual. Pengolahan gambar tidak hanya terbatas pada daerah yang harus dipelajari tetapi pada pengetahuan analis. Asosiasi merupakan alat penting dalam pengolahan citra melalui teknik visual. Jadi analis menerapkan kombinasi pengetahuan pribadi dan jaminan data ke pengolahan citra. 
Teknik pengolahan secara digital membantu dalam manipulasi gambar digital dengan menggunakan komputer. Sebagai data mentah dari sensor pencitraan dari platform satelit mengandung kekurangan. Untuk mendapatkan lebih dari kekurangan tersebut dan untuk mendapatkan keaslian informasi, ia harus menjalani berbagai tahapan pengolahan. Tiga fase umum yang semua jenis data harus menjalani ketika menggunakan teknik digital Pra pengolahan, peningkatan dan tampilan, ekstraksi informasi.

untuk lebih jelasnya silahkan memahami gambar Tahapan Proses pengolahan citra digital berikut :


Postingan Selanjutnya :
Tutorial Pengolahan Citra Digital Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

Berlangganan Via Email