Fungsi Kapasitor Bank di Industri

Sobat INFOKITABERSAMA, dalam dunia indsutri pemakaian energi listrik jauh lebih besar daripada rumah rumah biasa, dengan pemakaian daya yang besar yang sebagian besar untuk menggerakan motor motor listrik induksi berdaya besar akan mengakibatkan menurunya faktor daya. Nah disinilah salah satu fungsi kapasitor dapat memperbaiki faktor daya di Industri.
Kapasitor Bank merupakan sekumpulan kapasitor yang dihubungkan paralel dengan rangkaian beban. Bila rangkaian itu diberi tegangan maka elektron akan mengalir masuk ke kapasitor. Disaat kapasitor penuh dengan muatan elektron maka tegangan akan berubah. Kemudian elektron akan ke luar dari kapasitor dan mengalir menuju rangkaian yang memerlukannya sehingga pada saaat itu kapasitor membangkitkan daya reaktif.


Apabila tegangan yang berubah itu kembali normal (tetap) maka kapasitor akan menyimpan kembali elektron. Pada saat kapasitor mengeluarkan elektron (Ic) hal ini berarti  kapasitor mensuplai daya reaktif ke beban. Karena beban bersifat induktif (+) sedangkan daya reaktif bersifat kapasitif (-) akibatnya daya reaktif yang berlaku menjadi .lebih kecil.

Secara umum beban yang sering digunakan, terutama pada industri, adalah beban induktif, seperti motor listrik, lampu TL, heater dsb. Dengan adanya beban induktif ini menyebabkan nilai cos phi yang rendah. 

Agar bisa memperbaiaki faktor daya ini / meningkatkan faktor daya mendekati 1, maka digunakan kapasitor bank, yang berfungsi sebagai kompensator dari beban-beban induktif.

Manfaat lainnya dari pemasangan Panel kapasitor Bank yaitu menghilangkan denda / kelebihan biaya (kVArh). 

1 Menghindari kelebihan beban bagi trafo / trafo over load
2 Mengurangi kenaikan Arus / Suhu pada kabel,
3 Memaksimalkan Pemakaian Daya yang terpasang (kVA),
4 Menghindari voltage drop pada jalur beban,
5 Meningkatkan kualitas sumber daya listrik,
6 Memelihara peralatan / perangkatlistrik yang terpasang.

Semoga bermanfaat
Fungsi Kapasitor Bank di Industri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

Berlangganan Via Email