CARA MEMBUAT INVERTER

Sobat INFOKITABERSAMA kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat inverter sederhana yang bisa dibuat untuk latihan.
Pertama tama siapkan beberapa alat dan komponen berikut :


1.Trafo 12V CT minimal 10 Ampere ( lebih dari 10 A boleh juga kok) , atau jika anda punya bekas UPS itu bisa dimanfaatkan.2. Transistor power mosfet  tipe IRFZxx misalnya : IRFZ44 dua buah, Kipas pendingin dan heatsinknya ( bisa menggunakan bekas processor komputer ).3. Transistor NPN c945 2 buah.4. PCB5. Box untuk wadah, atau bisa menggunakan kotak bekas Power supply CPU komputer, atau bisa beli box plastik.6. Peralatan pendukung lainnya. Sebuah rangkaian plipop dari dua transistor C945 dipakai sebagai pengumpan oscilator dengan F +- 50 Hz pada mosfet transistor power (dapat pula ditambahkan secara paralel transistor power ini untuk menambahkan daya inverter ini ) yang dikerjakan secara pushfull pada L sekunder Trafo CT 12V – 220V.


Medan magnet hasil on off Transistor Pushfull ini digunakan sebagai pembangkit listrik pada lilitan primer trafo 12V-220V sehingga di kumparan primer trafo keluar  tegangan 220V AC dengan bentuk gelombang kotak ( tidak dianjurkan untuk menghidupkan motor listrik ac).
tegangan ini kuat arusnya sangat tergantung dari kuat arus yang masuk pada TR power IRFZ44, TR ini akan tersaturasi dan harus menggunakan Heatsink yang memadai, gunakan heatsink bekas processor komputer (box beri kipas untuk memaksimalkan pembuangan panas).

Untuk skema rangkaian inverter seperti gambar dibawah ini :


Selamat mencoba
CARA MEMBUAT INVERTER Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

Berlangganan Via Email