Belajar PLC Siemens S7 200

Postingan kali ini saya akan sedikit berbagi bagi temen temen yang baru memulai belajar PLC Siemens, pada pembahasan ini tipe PLC nya adalah PLC Siemens Simatic S7-200. Sebelum memprogram tentunya kita harus tehu terlebih dahulu dasar dasar , bagian dari PLC S7 200 ini.

PLC Siemens S7-200 adalah bagian dari PLC siemens Simatic keluarga S7. CPU ( Central Processing Unit ) sudah berada menjadi satu dalam PLC karena PLC ini tipe Compact maka perangkat CPU, I/O sudah menjadi satu unit. Perangkat input memantau perangkat yang berada di lapangan, seperti switch dan sensor. Output mengontrol perangkat lain, seperti motor , pompa, pneumatic, dsb. Port pemrograman adalah koneksi ke perangkat pemrograman baik berupa konsol maupun PC.



Ada empat jenis S7-200 CPU: S7-221, S7-222, S7-224, S7-226, dan S7-226XM dan tiga konfigurasi power supply untuk setiap jenisnya.

Tabel diatas menunjukan model deskripsi menunjukkan jenis CPU, daya pasokan, jenis inputmasukan, dan jenis output.

contoh :

DC/DC/DC --> maksudnya PLC ini memiliki catu daya power supply DC, input DC, output DC

keluarga PLC S7200 mencakup berbagai CPU dan fitur. Jenis ini menyediakan berbagai fitur untuk membantu dalam merancang sebuah solusi otomatisasi yang hemat biaya. Tabel berikut menjelaskan ringkasan fitur utama,dari PLC jenis untuk untuk masing masing CPU











Mode Switch dan Analog Adjustmen

Ketika saklar mode pada posisi RUN CPU berada dalam run mode dan melaksanakan program dijalankan. Ketika mode switch berada di posisi Stop maka CPU dihentikan. Ketika mode 
saklar dalam posisi TERM perangkat pemrograman dapat memiilih modus operasi. 
Penyesuaian analog digunakan untuk meningkatkan atau nilai penurunan 
yang disimpan dalam memori khusus. Nilai-nilai ini dapat digunakan untuk memperbarui 
nilai timer atau counter, atau dapat digunakan untuk menetapkan batas.

S7-200 juga mendukung kartrid memori opsional yang menyediakan penyimpanan EEPROM portabel untuk program Anda.cartridge tersebut dapat digunakan untuk menyalin program dari satu S7-200 PLC 
untuk ke S7 200 plc lainnya.
Selain itu, dua kartrid lain yang tersedia.waktu real-time dengan baterai yang tersedia untuk digunakan pada S7-221 dan S7-222. Baterai menyediakan hingga 200 hari waktu retensi data saat terjadi putus daya. S7-224 dan S7-226 memiliki real-time waktu built in. cartridge lain tersedia dengan baterai saja.

Modul Ekspansi | Expansion Module ( EM )

 S7-200 PLC dapat diupgrade. Modul Ekspansi berisi perangkat input dan output tambahan. Ini terhubung ke dasar  Unit menggunakan konektor pita ( ribbon conector ).

Konektor pita dilindungi oleh penutup pada unit dasar. Side-by-side mounting benar-benar membungkus dan melindungi konektor pita.


Expansi yang dapat didukung ( Availabel Expansion )

The S7-221 dilengkapi dengan 6 input digital dan 4 output digital. Ini tidak diperluas. The S7-222 dilengkapi dengan 8 digital input dan output digital 6. 222K akan menerima hingga 2 modul ekspansi. The S7-224 dilengkapi dengan 14 input digital dan 10 output digital. 224 akan menerima hingga 7 ekspansi modul. The S7-226 dan S7-226 XM datang dengan 24 input digital dan 16 output digital. The P226 dan 226 XM akan menerima sampai 7 modul ekspansi.



Nah, sobat untuk Tutorial Pemrograman PLC SIemens S7-200 Bagian 1 sampai disini dulu ya, lain kali akan saya sambung lagi melanjutkan tutorial ini.
UPDATE
Belajar PLC Siemens S7 200 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

Berlangganan Via Email