Pengertian Gelombang Elektromagnetik

Sobat INFOKITABERSAMA kali ini kita akan belajar mengenai dasar dari gelombang elektromagnetik, gelombang ini banyak diterapkan pada berbagai bidang ilmu pendidikan dan sains seperti fisika, elektro, dsb. Kehidupan sehari hari kita pun tidak lepas dari gelombang elektromagnetik ini, mulai berbagai peralatan elektronik sampai perangkat telekomunikasi dan internet.


Apa itu gelombang Elektrmagnetik ?

Gelombang Elektromagnetik adalah gelombang yang dapat merambat melalui ruang vakum seperti udara,  Energi elektromagnetik  tersebut merambat di dalam gelombang  dan mempunyai beberapa karakteristik yang bisa diukur, yaitu: panjang gelombang/wavelength, frekuensi, amplitudo,  serta kecepatannya. Amplitudo merupakan tinggi gelombang, panjang gelombang  merupakan jarak antara dua puncak. Frekuensi merupakan jumlah gelombang yang melalui suatu titik per satu satuan waktu. Frekuensi disini tergantung dari kecepatan permabatan gelombang. Energi ELektromagnetik mempunyai kecepatan konstan ( Kecepatan Cahaya), nilai panjang gelombang dan frekuensi berbanding terbalik. Semakin panjang suatu gelombang, maka  nilai frekuensinya akan semakin kecil, dan semakin pendek suatu gelombang maka semakin besar nilai frekuensinya.
Gelombang elektromagnetik tercipta oleh getaran dari suatu muatan listrik. Getaran ini menciptakan gelombang yang memiliki 2 komponen yaitu listrik dan magnetik. Gelombang elektromagnetik mengangkut energi melalui vakum pada kecepatan 3,00 x 108 m / s (nilai kecepatan umumnya diwakili oleh simbol c). Propagasi gelombang elektromagnetik melalui media material terjadi pada kecepatan internet yang kurang dari 3,00 x 108 m / s. Untuk lebih jelasnya perhatikan ilustrasi dibawah ini :


Mekanisme transportasi energi melalui media melibatkan penyerapan dan reemission dari energi gelombang tersebut dengan materi atom. Ketika gelombang elektromagnetik menumbuk pada material atom, energi gelombang yang diserap. Penyerapan energi menyebabkan elektron dalam atom mengalami getaran. Setelah periode singkat gerak getaran, elektron bergetar menciptakan gelombang elektromagnetik baru dengan frekuensi yang sama dengan gelombang elektromagnetik pertama. Sementara getaran ini terjadi dalam waktu yang sangat singkat, dan menunda gerakan gelombang melalui medium. Setelah energi dari gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh atom, bergerak melalui daerah kecil ruang antara atom-atom. Setelah mencapai atom berikutnya, gelombang elektromagnetik diserap, diubah menjadi getaran elektron dan kemudian dipancarkan kembali sebagai gelombang elektromagnetik. Sementara gelombang elektromagnetik akan melakukan perjalanan pada kecepatan cahaya c (3 x 108 m / s) melalui ruang vakum interatomik, penyerapan dan proses re emisi menyebabkan kecepatan nyata dari gelombang elektromagnetik untuk kurang dari C.

Nah dari penjelasan diatas tentunya anda sudah mengetahui proses perambatan gelombang elektromagnetik.

Kecepatan yang sebenarnya dari gelombang elektromagnetik melalui media bahan tergantung pada densitas optik media tersebut. Bahan yang berbeda menyebabkan perbedaan jumlah keterlambatan karena penyerapan dan proses reemissi. Faktor trsebut tergantung pada sifat material di mana gelombang elektromagnetik merambat. Akibatnya, kecepatan gelombang elektromagnetik tergantung pada materi sebagai media perambatannya.

Ciri Ciri Gelombang Elektromagnetik ;

1.  Perubahan medan listrik dan medan magnetik terjadi secara bersamaan, sehingga kedua medan memiliki nilai maksimum dan minimum pada saat dan tempat yang sama.

2.   Arah dari suatu medan listrik dan medan magnetik saling tegak lurus terhadap arah rambat gelombangnya.

3. Gelombang elektromagnetik merupakan gelombang transversal.

4.   Gelombang elektromagnetik juga mengalami peristiwa pemantulan, pembiasan, interferensi, dan difraksi.

5.      Cepat rambat gelombang elektromagnetik hanya bergantung pada sifat-sifat listrik dan magnetik medium perantara yang dilaluinya.
Pengertian Gelombang Elektromagnetik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

Berlangganan Via Email