Mengenal Alarm dalam SCADA Wonderware Intouch

Anda dapat membuat Alarm dan event dalam Intouch untuk memberitahu operator tentang peristiwa dan status kegiatan suatu proses. 

• Alarm memperingatkan operator disaat  run-time tentang kondisi proses yang berpotensi menimbulkan masalah. Biasanya, Anda mengatur alarm untuk memicu ketika nilai proses melebihi batas yang ditetapkan. Seorang operator biasanya harus meng Ack ( Acknoledge ) alarm yang muncul untuk diambil tindakan. 

• Events merupakan pesan terhadap status yang normal.

Gambar berikut ini menunjukkan bagaimana InTouch HMI menangani alarm dan peristiwa saat aplikasi sedang berjalan. Alarm dan event data kemudian disimpan ke database alarm.


















Anda dapat mengkonfigurasi banyak tag untuk monitoring event. Pesan dari event tersebut dicatat ke sistem alarm setiap kali perubahan nilai tag. Pesan event mencakup bagaimana nilai berubah dan apakah operator, I / O, script, atau terjadi perubahan nilai dalam sistem.

Alarm merupakan peringatan dari kondisi proses yang dapat menyebabkan masalah dan memerlukan respon operator. Sebuah tipikal alarm dipicu ketika nilai proses melebihi
batas yang telah ditentukan, seperti nilai analog melebihi ambang atas. Ini memicu alarm untuk memberitahukan operator jika terdapat masalah dalam sistem. Setelah operator meng ACK alarm, maka di HMI akan ditampilkan bahwa alamr sudah di Acknowledgmen ( ACK ).

Anda dapat mengkonfigurasi InTouch HMI untuk meminta alarm untuk diakui bahkan jika kondisi yang menyebabkan alarm telah berlalu. Hal ini memastikan bahwa operator menyadari peristiwa yang menyebabkan keadaan alarm sementara namun telah kembali normal.

Status Alarm utama dinyatakan sbb :


Prioritas Alarm

Anda menetapkan tingkat prioritas, atau tingkat keparahan, ke alarm. Sebuah batas suhu boiler, misalnya, akan memerlukan alarm prioritas tinggi, yang membutuhkan perhatian segera. Prioritas alarm biasanya tergantung pada keadaan-aplikasi pabrik, sifat peralatan, keamanan, ketersediaan sistem backup, potensi biaya kerusakan, atau downtime.

Anda menetapkan prioritas alarm ketika Anda mendefinisikan tag. Prioritas dapat berkisar dari 1 sampai 999, dengan 1 adalah yang paling kondisi parah ( berbahaya ). 


Anda dapat menetapkan berbagai prioritas alarm untuk mewakili klasifikasi alarm. Sebagai contoh, jika suatu proses membutuhkan empat tingkat keparahan, Anda dapat membuat empat rentang prioritas.

Alarm Severity           Priority Range

Critical                      1 – 249

Major                         250 – 499

Minor                         500 – 749

Informational            750 – 999


Rentang bermanfaat untuk alarm filtering. Sebagai contoh, Anda dapat mengkonfigurasi tampilan alarm untuk menyaring semua tapi alarm kritis. Anda dapat membuat link animasi, script pengakuan, dan tampilan disaring dan pencetakan, semua didasarkan pada kisaran prioritas alarm.

Substate Alarm

Sebuah alarm multi-state mencakup berbagai alarm sub-kondisi. Sebagai contoh, sebuah alarm analog biasanya memiliki beberapa batasan. 

• Ambang batas tinggi dan rendah menetapkan batas-batas untuk rentang operasi normal. 

• HiHi dan LoLo batas menandai penyimpangan ekstrim dari kisaran normal nilai.

Tingkat suhu boiler dapat berada dalam kondisi waspada untuk salah satu dari sub-statusnya. Suhu boiler juga dapat transisi antara dua sub-state sambil terus tetap dalam kondisi waspada keseluruhan.


Alarm Acknowledgement

Bila alarm terjadi, operator run time (atau sistem) harus mengACK alarm. ACK hanya menunjukkan bahwa seseorang menyadari alarm. Ini terpisah dari mengambil tindakan korektif, yang mungkin tidak terjadi segera. 

Sebuah alarm prioritas tinggi atau menengah biasanya membutuhkan pengakuan segera, sementara alarm yang sangat prioritas rendah mungkin tidak. Meskipun kondisi yang dihasilkan alarm mungkin pergi (misalnya, suhu naik terlalu tinggi dan kemudian menjadi lebih rendah lagi), alarm itu sendiri tidak dianggap diselesaikan sampai diACK.

Grup Alarm


Kelompok Alarm bermanfaat untuk penyaringan dalam display alarm, alarm printer, dan skrip pengakuan. 

Setiap tag dikaitkan dengan kelompok alarm. Secara default, tag ditugaskan to main group $ System. Anda dapat membuat hierarki kelompok alarm tambahan dalam kelompok $ System, sampai maksimal 32 level.

Anda membuat grup alarm dan tag asosiasi dengan mereka saat Anda mendefinisikan tag Anda di Tagname Dictionary. 

Kelompok Alarm dan variabel kelompok tidak kompatibel dengan SmartSymbols. Anda tidak dapat menggunakan referensi kelompok alarm atau variabel grup di SmartSymbol.
Mengenal Alarm dalam SCADA Wonderware Intouch Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

Berlangganan Via Email