Grounding Sistem dalam Instalasi Listrik

Dalam suatu instalasi listrik gorunding system ( Sistem Pentanahan / Pembumian ) merupakan hal penting yang tidak boleh disepelekan, baik instalasi rumah maupun industri grounding system sangat penting untuk keamanan perangkat listrik dan lingkungan termasuk manusia. 


Kenapa ?Contohnya beberapa peralatan listrik mempunyai body yang terbuat dari logam, jika terjadi kebocoran listrik dari komponen sampai ke body dimana membawa arus listrik AC dengan Arus dan yang cukup besar dan tersntuh oleh manusia maka dapat membahayakan. Jika diberikan Grounding system setidaknya sistem akan mengamankan manusia dari kejut listrik tersebut karena arus bocor langsung dialirkan ke Earthing / ground.


Berdasarkan ilustrasi diatas maka jelas bahwa sistem gorunding dalam instalasi sangat penting, 

Pada sebagian besar aplikasi, sistem pentanahan dirancang untuk melindungi pengguna akhir dari sengatan listrik jika terjadi arus pendek listrik. Sistem ini menyediakan kawat tanah antara semua permukaan / body komponen elektrik yang konduktif dari sirkit ke tanah.

Fungsi Grounding Sistem / Pentanahan:


1. Tujuan keselamatan, seperti yang dijelaskan sebelumnya, grounding berfungsi sebagai penghantar arus listrik langsung ke bumi atau tanah ketika terjadi tegangan listrik yang timbul akibat kegagalan isolasi dari sistem kelistrikan atau peralatan listrik.
2. Dalam instalasi penangkal petir,  grounding sistem berfungsi sebagai penghantar arus listrik yang besar langsung ke bumi. Dalam prakteknya, pemasangan grounding untuk instalasi penangkal petir dan instalasi listrik rumah harus dipisahkan.
3. Sebagai proteksi peralatan elektronik atau instrumentasi sehingga dapat mencegah kerusakan akibat adanya kebocoran arus.

Grounding Sistem dalam Instalasi Listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

Berlangganan Via Email