Cara Membuat Lampu Hias Menarik

Sobat, kali ini saya akan share cara membuat lampu hias dari LED yang unik dan menarik perhatian, Disini komponen yang dibutuhkan banyak tersedia di toko elektronik dan harganya terjangkau, cocok bagi anda yang hobi membuat pernak pernik.

Berikut tampilannya :


Di atas hanyalah contoh saja, bentuk dan karakter sesuai kreatifitas anda, bisa dibuat melingkar, bisa anda tempelkan di keramik, mika, dan hiasan hiasan lain yang ingin anda berikan lampu LED.

Perlengkapan yang dibutuhkan :

1. lampu LED sorot 5mm, warna terserah anda, jumlah lampu led menyesuaikan desain anda.
2. Resistor 470 Ohm ( jika menggunakan tegangan input 12 DC dan Resistor 100 Ohm jika menggunakan tegangan input 5 V DC ), paling mudah agar tidak perlu membuat catu daya gunakan saja carger batere HP yang 5 V.

3. Kabel serabut kecil, beli saja di toko elektronik harganya pun terjangkau, tidak usah panjang panjang secukupnya saja.

4. Carger HP dg output 5V, bisa menggunakan carger bekas NOkia, Cross, dsb

Cara Merangkai :

1. Pasang LED pada pernak pernik atau benda yang ingin anda hias , lalu solder led led tersebut dengan kabel, yang perlu diperhatikan disini LED harus dipasang secara paralel berikut gambarnya :


Gambar diatas contoh pemasangan LED secara paralel, pasang kaki Anoda ke kutub positif sumber tegangan, dan kaki katoda setiap led ke kutub negatif sumber tegangan.

jika belum tau mana katoda dan anoda :
Katoda --> kaki LED yang lebih panjang
Anoda  --> kaki LED yang pendek

Pemasangan kaki LED jangan sampai terbalik , kalau terbalik LED tidak menyala.

Untuk resistor silahkan bisa diberikan 1 resistor saja di output kutub positif sumber tegangan dari Carger HP,

Selanjutnya tinggal anda kemas dan dirapikan, Selamat mencoba,


Cara Membuat Lampu Hias Menarik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

Berlangganan Via Email