Tips Perawatan Mesin Diesel

Perawatan mesin diesel akan mengurangi meningkatnya biaya bahan bakar dan menjadikan mesin kendaraan anda akan lebih awet.  Mesin diesel adalah mesin yang sangat baik dan dapat diandalkan jika dilakukan maintenance secara teratur.

Berikut tip tips perawatan mesin disel untuk kendaraan anda :

1. Pemeriksaan rutin dari glow plugs sangat penting untuk pemeliharaan yang tepat untuk mesin diesel. Pengapian mesin ini tergantung pada panas yang dikompresi tetapi sering gagal untuk menghasilkan panas yang cukup untuk pembakaran bahan bakar. Akibatnya glo plugs yang digunakan untuk memanaskan silinder sebelum mesin menjadi dingin. Glow plugs ini memerlukan pemeriksaan rutin terutama saat musim dingin.

2. gasket pada  mesin dieselperlu dilakukan pemantauan berkala , dalam hal ini lakukan ke bengkel yang berkompeten dan berkualitas. Semua baut mounting harus diperiksa secara teratur untuk menghindari kebocoran yang dapat mengakibatkan masalah lain.

3. Bersihkan filter secara berkala. Sebuah filter yang baik akan mengecualikan partikel korosif dari minyak

4. Karena sistem pendinginan kritis,  dasbor akan mengingatkan Anda sebelum kemungkinan kerusakan mesin. pastikan sistem pendinigan bekerja baik

5. Mesin diesel memerlukan pemeriksaan perawatan lengkap dari waktu ke waktu untuk hidup lebih lama. Penggantian oli secara teratur, serta mengganti filter oli dan udara, sangat penting untuk menjaga kinerja dan performa mesin.

6. Saat pagi hari sebelum menjalankan mobil, biarkan mesin mobil hangat untuk setidaknya 5 sampai 10 menit dalam suhu dingin untuk mengurangi kepadatan minyak. Sirkulasi minyak lambat meningkatkan tekanan pada mesin diesel. 

7.Ganti oli setiap 3.000 mil. Ganti busi, injector bahan bakar dan timing belt dari mesin diesel setiap 60.000 mil. Ganti timing belt jika sudah terlihat retak.

8. Gunakan minyak diesel berkualitas baik untuk mencegah pembentukan gel pada mesin, dan mengganti pendingin setiap 2 tahun untuk menghindari yang tidak semestinya mesin pemanasan. Memperbaiki kebocoran dari radiator, pompa air atau colokan freeze. Setelah 40.000 km, ganti pendingin dari radiator untuk membersihkan puing-puing apapun. 
Tips Perawatan Mesin Diesel Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

Berlangganan Via Email