Tips dan Cara Aman Menggunakan Akses Internet

Kali ini mari kita sharing tentang keamanan berselancar di internet.
Kita semua tahu bahwa kita perlu untuk tetap aman saat menggunakan internet, namun terkadang kita tidak tahu bagaimana untuk melakukan itu. Dulu, keamananInternet  kebanyakan tentang melindungi komputer Anda dari virus / malware. Tapi hari ini, jangkauan luas Internet, teknologi terus berkembang, sifat sosial telah membuat pengguna lebih rentan terhadap pencurian identitas, pelanggaran privasi, dan bahkan pelecehan.

Pelajaran ini akan memperkenalkan Anda ke jenis ancaman yang mungkin Anda alami saat online. Ini akan mengajarkan Anda strategi dasar seperti bagaimana melindungi akun akun online anda dan membuat password yang kuat, di samping mendorong Anda untuk mengadopsi pola pikir yang lebih aman terhadap penggunaan Internet.

Mengadopsi pola pikir yang lebih aman 

Ketika datang ke Internet, orang umumnya percaya bahwa mereka lebih aman daripada mereka sebenarnya. Mengapa? Nah, seringkali sifat impersonal teknologi dapat memberikan kita rasa aman palsu. Setelah semua, tidak ada yang secara fisik dapat menyerang kita melalui layar komputer. namun Anda perlu hati hati terhadap dampak yang bisa merugikan anda secara tidak langsung melalui internet.

Kita cenderung untuk memiliki sikap itu-tidak terjadi-to-me. Kita bahkan mungkin percaya bahwa program komputer kita dan kekuatan yang akan secara otomatis mengurus semua hal keamanan internet bagi kita. Kadang-kadang kita hanya menghindari itu semua bersama-sama karena, jujur ​​saja, kita tidak mendapatkannya. Apakah ini terdengar seperti Anda? Pertimbangkan hal berikut pertanyaan:

> Pernahkah Anda Googling diri Anda untuk melihat informasi apa yang dapat ditemukan pada Anda?
> Apakah Anda menetapkan program keamanan komputer Anda untuk memastikan Anda mendapatkan update reguler?
> Apakah Anda memiliki sumber cadangan eksternal untuk komputer Anda?
> Apakah Anda tertarik dengan email atau iklan dengan penawaran diskon khusus?
> Ketika belanja online, Anda memeriksa status keamanan website sebelum memasukkan informasi penagihan?
> Apakah Anda disesuaikan pengaturan privasi Anda untuk akun jejaring sosial Anda seperti Facebook, MySpace, dan Skype?

Bahkan anda bisa saja kaget saat melihat hasil search engine dengan hasil nama anda? Alamat, no telpon, dll !!!

Apakah pertanyaan-pertanyaan ini membuat Anda gugup? Jangan khawatir, tutorial ini tidak dimaksudkan untuk memarahi atau menakut-nakuti Anda melainkan untuk membuat Anda menyadari bahwa ada tindakan pencegahan kita semua harus mengambil secara teratur untuk menjaga keselamatan pribadi kita dan melindungi komputer kita saat menggunakan internet.

Pikirkan internet seperti yang Anda lakukan di Mall

Wanita menggunakan laptop di sebuah kafe
Umumnya, sebuah mal tidak dianggap sebagai tempat yang berbahaya. Kami pergi ke sana untuk berbelanja, menjalankan tugas, dan bertemu orang, tapi kami juga mengambil tindakan pencegahan sementara di sana. Kami tidak akan meninggalkan mobil kami membuka di tempat parkir atau berjalan-jalan dengan dompet kami menggantung keluar dari dompet kami. Kami tidak akan memberitahu petugas penjualan Nomor Jaminan Sosial kami atau memberikan alamat kami untuk orang asing kami hanya bertemu.

Hal yang sama berlaku ketika kita berada di Internet. Kita tidak perlu takut setiap klik mouse kita, tapi kita harus mengambil tindakan pencegahan untuk memastikan keselamatan kita.

Memahami ancaman Internet 

Sebelum kita bisa belajar bagaimana melindungi diri kita sendiri, kita perlu memahami apa ancaman itu di Internet.

Keamanan Internet dan privasi 

Di masa lalu, keamanan Internet umumnya disebut ancaman terhadap perangkat keras komputer atau pencurian identitas, tapi sekarang dengan internet menjadi lebih dan lebih sosial, privasi telah menjadi perhatian keamanan yang signifikan. Pelanggaran privasi terutama dapat mempengaruhi kesejahteraan mental dan fisik, sehingga menciptakan kesulitan atau bahaya dari beberapa hal berikut ini:

Iklan yang tidak diinginkan yang dapat mengganggu
Memalukan atau memalukan foto atau video
Keterlibatan hukum dari posting memfitnah
pelecehan atau cyber-stalking
pencurian identitas
Offline atau kejahatan dunia nyata

Coba Googling tentang diri anda sendiri

Apakah Anda tahu berapa banyak orang dapat dengan cepat mencari tahu tentang Anda dan latar belakang Anda hanya dengan melakukan pencarian web sederhana? Kebanyakan orang tidak tahu bahwa catatan pribadi seperti alamat, nomor telepon, dan kadang-kadang bahkan gambar dapat dengan mudah diakses oleh siapa saja secara online. Walaupun informasi ini mungkin tidak berbahaya, dalam beberapa situasi Anda bisa menempatkan diri pada risiko dengan tidak mengetahui apa yang sudah ada. Misalnya, seseorang hanya perlu mengetahui nomor telepon rumah Anda, dan mereka dapat menemukan alamat dan arah ke rumah Anda hanya dengan melakukan pencarian online sederhana. Google diri Anda secara teratur untuk mengetahui situs dan database publik berbagi informasi tentang Anda.

Menghapus informasi dari situs

Anda dapat meminta sebuah situs web untuk menghapus informasi Anda. Perlu diingat bahwa mereka tidak selalu diwajibkan untuk memenuhi permintaan Anda. Jika informasi yang diposting tentang Anda adalah ancaman langsung terhadap keselamatan Anda dan Anda memerlukan bantuan bernegosiasi dengan sebuah situs web untuk menghapus konten, Anda dapat menghubungi WiredSafety.org. Mereka akan dapat menyarankan Anda pada kasus tertentu.

Anda juga dapat membayar layanan luar seperti Reputation.com untuk menghapus informasi pribadi Anda secara online. Bagi kebanyakan orang, layanan semacam ini tidak diperlukan, namun perlu diingat bahwa itu adalah pilihan.

Nah, dari uraian diatas hal yang paling penting adalah mengantisipasi jangan terlalu mudah menshare informasi pribadi anda di internet, dan sebaiknya jangan menshare hal hal krusial anda di dalam komentar suatu blog / web, karena bisa jadi komentar anda akan tershare di mesin pencari.
Tips dan Cara Aman Menggunakan Akses Internet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

Berlangganan Via Email